PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUB TEMA BARANG DAN JASA MUATAN IPA DAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SD 7 KLUMPIT KUDUS

ROCHMAN, ANANG NOOR (2015) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUB TEMA BARANG DAN JASA MUATAN IPA DAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SD 7 KLUMPIT KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (824kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (251kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (564kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (483kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (185kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (164kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (29MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mendiskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Tema Berbagai Pekerjaan Subtema Barang Dan Jasa Melalui Model Contextual Teaching And Learning (CTL). Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Merupakan Salah Satu Model Pembelajaran Yang Dapat Digunakan Guru Untuk Menilai Empat Aspek Hasil Belajar Yaitu Aspek Spiritual, Aspek Sosial, Aspek Pengetahuan, Dan Aspek Keterampilan Peserta Didik. Hasil Belajar Siswa Merupakan Hasil Yang Diperoleh Siswa Setelah Melakukan Pembelajaran. Contextual Teaching And Learning Merupakan Suatu Model Pembelajaran Yang Mengajak Siswa Membangun Pengetahuannya Sendiri Dengan Cara Mengaitkan Antara Materi Yang Diajarkan Berdasarkan Situasi Kehidupan Nyata Untuk Diterapkan Dalam Kehidupan Mereka Sehari-Hari. CTL Sebagai Suatu Model Pembelajaran Memiliki Tujuh Komponen Pokok, Yaitu: (1) Konstruktivisme (2). Inkuiri (3). Bertanya (4). Masyarakat Belajar (5). Pemodelan (6). Refleksi (7). Penilaian Nyata. Hipotesis Penelitian Ini Adalah Ada Peningkatan Hasil Belajar Subtema Barang Dan Jasa Muatan IPA Dan Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Di SD 7 Klumpit Tahun Ajaran 2014/2015, Dan Ada Peningkatan Ketrampilan Guru Dalam Mengajar. Subjek Penelitian Yakni Peserta Didik Kelas IV SD 7 Klumpit Yang Berjumlah 25 Orang. Jenis Penelitian Ini Yakni Penelitian Tindakan Kelas Dengan Dua Siklus. Setiap Siklus Terdiri Atas Tahap Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi Dan Refleksi. Data Keterampilan Guru Dan Data Hasil Belajar Peserta Didik Yang Berupa Aspek Spiritual, Aspek Sosial Dan Aspek Keterampilan Dikumpulkan Dengan Metode Observasi, Sedangkan Data Hasil Belajar Peserta Didik Aspek Pengetahuan Dikumpulkan Dengan Metode Tes Pilihan Ganda. Analisis Data Menggunakan Teknik Analisis Kualitatif Yang Digunakan Untuk Mendiskripsikan Keterampilan Guru Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa (1) Keterampilan Guru Pada Siklus I Memperoleh Rata-Rata Persentase 58,1% Dengan Kategori Cukup Dan Keterangan Kurang Berhasil, Pada Siklus II Memperoleh Rata-Rata Presentase 79,4% Dengan Kategori Baik Dan Keterangan Cukup Berhasil; (2) Hasil Belajar Peserta Didik Aspek Spiritual Pada Siklus I Memperoleh Rata-Rata (Mean) 2,07 Dengan Kategori Cukup, Pada Siklus II Memperoleh Rata-Rata (Mean) 2,94 Dengan Kategori Baik; (3) Hasil Belajar Peserta Didik Aspek Sosial Siklus I Memperoleh Rata-Rata (Mean) 2,22 Dengan Kategori Cukup, Pada Siklus II Memperoleh Rata-Rata (Mean) 3,07 Kategori Baik; (4) Hasil Belajar Peserta Didik Aspek Pengetahuan Pada Siklus I Memperoleh Persentase Keberhasilan 52% Pada Muatan IPA Dan Muatan Bahasa Indonesia Dengan Persentase Keberhasilan 64% Sedangkan Siklus II Memperoleh Persentase Keberhasilan 88% Pada Muatan IPA Dan 92% Pada Muatan Bahasa Indonesia; (5) Hasil Belajar Peserta Didik Aspek Keterampilan Pada Siklus I Memperoleh Rata-Rata (Mean) 1,92 Dengan Dan Kategori Kurang, Pada Siklus II Memperoleh Rata-Rata (Mean) 3,26 Dengan Kategori Baik. Simpulan Penelitian Ini Melalui Model Contextual Teaching And Learning Dapat Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Tema Berbagai Pekerjaan Subtema Barang Dan Jasa Muatan IPA Dan Bahasa Indonesia Yang Meliputi Keterampilan Guru, Hasil Belajar Peserta Didik Aspek Spiritual, Sosial, Pengetahuan Dan Keterampilan. Saran Yang Dapat Peneliti Ajukan Model Contextual Teaching And Learning Dapat Dikembangkan Lebih Lanjut Oleh Sekolah Dengan Harapan Dapat Memecahkan Masalah Pembelajaran Yang Tidak Hanya Menuntut Peserta Didik Menghafalkan Materi Namun Juga Dapat Mengaplikasikan Dalam Kehidupannya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sabar Rutoto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Contextual Teaching And Learning Dan Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 27 Jun 2016 04:12
Last Modified: 27 Jun 2016 04:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5391

Actions (login required)

View Item View Item