Meningkatkan Ketuntasan Membaca Melalui Layanan Penguasaan Konten anak kelas B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal IX Jati Kulon Kecamatan Jati Kudus Tahun Pelajaran 2011/ 2012

Fitriana, Puji (2012) Meningkatkan Ketuntasan Membaca Melalui Layanan Penguasaan Konten anak kelas B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal IX Jati Kulon Kecamatan Jati Kudus Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
PDF (HAL JUDUL)
Hal._Judul.pdf - Accepted Version

Download (348kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (54kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Taman kanak-kanak merupakan jenjang pendidikan non formal setelah play group sebelum anak masuk sekolah dasar. Usia dini/ prasekolah merupakan kesempatan emas bagi anak untuk belajar, sehingga disebut usia emas (golden age). Oleh karena itu, kesempatan ini penting untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk proses belajar anak yaitu memperkenalkan anak pada kegiatan membaca. Alasan peneliti memberikan layanan ini adalah agar anak dapat mempersiapkan membaca yang baik dan lancar menuju jenjang SD kelas 1. Latar belakang inilah yang mendorong untuk diadakannya penelitian ini yang berjudul Meningkatkan Ketuntasan Membaca Melalui Layanan Penguasaan Konten anak kelas B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal IX Jati Kulon Kecamatan Jati Kudus Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Permasalahan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana upaya meningkatkan ketuntasan membaca anak B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal IX dengan layanan penguasaan konten?.Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan peningkatan ketuntasan membaca anak dengan layanan penguasaan konten kelas B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal IX Jati Kulon Kecamatan Jati Kudus.Manfaat dari penelitian ini yaitu secara teoristis, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap teori layanan penguasaan konten dalam meningkatkan ketuntasan membaca anak. Dan manfaat praktis penelitian ini dapat berguna bagi 1. Guru: Guru dapat menerapkan layanan penguasaan konten, guru dapat berkembang secara professional, karena dapat menunjukkan adanya kemampuan dalam menilai dan memperbaiki pembelajaran dalam kegiatan membaca, memberikan alternatif pemecahan masalah dalam kegiatan membaca dengan layanan penguasaan konten. 2. Bagi Siswa: dapat meningkatkan prestasi belajar anak, dan ketertarikan anak pada belajar membaca sehingga tidak membosankan dalam menerima materi pelajaran membaca. 3. Bagi sekolah: Membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan prestasi sekolah, memajukan lembaga sekolah, meningkatkan nama baik sekolah. Hipotesis tindakan yaitu “Bahwa Layanan Penguasaan Konten dapat meningkatkan ketuntasan membaca siswa kelas B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal IX Jati Kulon Kecamatan Jati Kudus tahun pelajaran 2011/2012”. Setting skripsi ini dikelas B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal IX yang beralamatan di Jati Kulon Gang V di Desa Jati Kulon Kecamatan Jati Kudus. Jumlah siswa keseluruhan yaitu 32 anak, dengan perincian laki-laki berjumlah 18 anak, sedangkan perempuan berjumlah 14 anak. Variabel bebasnya adalah Layanan Penguasaan Konten anak kelas B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal IX Jati Kulon Kecamatan Jati Kudus tahun pelajaran 2011/2012. Variabel terikatnya adalah Ketuntasan Membaca. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini ini meliputi: (1) hasil pengamatan kualitas pembelajaran Layanan Penguasaan Konten indikator High Touch dan High Tech sebagai berikut: Aspek kualitas dalam layanan penguasaan konten High Touch diperoleh siklus I= 48%, siklus II= 69%. Aspek kualitas dalam layanan penguasaan konten High Tech diperoleh siklus I= 53%, siklus II= 75%. (2) hasil pengamatan aktivitas siswa anak B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal IX Jati Kulon Kudus mulai dari sikuls I dan II mengalami kenaikan sebagai berikut: siklus I= 48%, siklus II= 80%. Saran yang dapat penulis sampaikan 1) kepada kepala sekolah yaitu Menerapan layanan penguasaan konten perlu diberdayakan di sekolah karena dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam belajar membaca anak B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal IX Jati Kulon Kecamatan Jati Kudus Tahun Pelajaran 2011/ 2012, 2) guru yaitu guru hendaknya menerapkan layanan penguasaan konten dengan cara memberikan metode pembelajaran yang variatif agar siswa tidak bosan dengan pembelajaran yang diberikan, 3) untuk siswa yaitu diharapkan siswa memiliki minat yang tinggi dalam mengikuti setiap kegiatan pembelajaran terutama pembelajaran membaca, karena individu yang mempunyai minat membaca yang kuat akan diwujudkannya dalam kesediaannya untuk mendapatkan bahan bacaan dan kemudian membacanya atas kesadarannya sendiri, 4) konselor yaitu Konselor diharapkan bisa memakai layanan penguasaan konten sebagai salah satu program BK disekolah sehingga dapat mengatasi kendala-kendala yang ada dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Sukiman, M.Pd; Pembimbing II: Drs Sucipto, M.Pd. Kons.
Kata Kunci: Ketuntasan membaca, layanan penguasaan konten.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 1245 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2012 06:30
Last Modified: 03 Dec 2012 06:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/540

Actions (login required)

View Item View Item