Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Make A Match Berbantuan Kartu Kreasi Pada Siswa Kelas Iv Sd 1 Gulang Kudus

ULYA, KHOIRIYATUL (2016) Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Make A Match Berbantuan Kartu Kreasi Pada Siswa Kelas Iv Sd 1 Gulang Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf - Accepted Version

Download (200kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, (1) peningkatan keterampilan guru pada pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi setelah diterapkannya model Make A Match berbantuan kartu kreasi siswa kelas IV SD 1 Gulang, dan (2) menemukan peningkatan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi melalui model Make A Match berbantuan kartu kreasi siswa kelas IV SD 1 Gulang. Hasil belajar IPS merupakan kemampuan yang diperoleh individu setelah proses belajar berlangsung, yang dapat memberikan perubahan tingkah laku baik pengetahuan, pemahaman, sikap dan keterampilan siswa sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Make A Match adalah teknik mencari pasangan, siswa mencari pasangan dari jawaban kartu yang mereka pegang. Kartu kreasi merupakan kartu yang terbuat dari kertas tebal dengan warna yang berbeda dan desain yang dibuat semenarik mungkin. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Make A Match berbantuan kartu kreasi dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi bagi siswa kelas IV SD 1 Gulang Mejobo Kudus. Penelitian tindakan kelas akan dilaksanakan di kelas IV SD 1 Gulang dengan subjek penelitian guru kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 37 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Make A Match berbantuan kartu kreasi dan variabel terikat yaitu hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar IPS siswa kelas IV pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi yang cukup signifikan antara siklus I (68%), dan siklus II (94%), didukung dengan peningkatan ranah afektif siswa pada siklus I 62% (baik) menjadi 83% (sangat baik) siklus II serta ranah psikomotorik siswa pada siklus I 53% (cukup) menjadi 83% (sangat baik). Pengelolaan pembelajaran model Make A Match berbantuan kartu kreasi juga mengalami peningkatan pada siklus I 67,35% (baik) menjadi 90% (sangat baik) siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Make A Match berbantuan kartu kreasi dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi perkembangan teknologi, produksi, dan komunikasi kelas IV SD 1 Gulang Mejobo Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Gulang dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Make A Match berbantuan kartu kreasi yang dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada materi perkembangan teknologi, produksi, komunikasi kelas IV SD 1 Gulang Mejobo Kudus. Saran bagi guru dalam menerapkan model Make A Match harus memberi pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada penemuan konsep.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing : Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd.
Kata Kunci: Make A Match, Kartu Kreasi, Hasil Belajar IPS, Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 30 Jun 2016 03:30
Last Modified: 30 Jun 2016 03:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5507

Actions (login required)

View Item View Item