Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Untuk Peningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Kelas Iv Sdn 4 Bantrung Jepara

Amri, Muchammad Ulil (2016) Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Untuk Peningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Kelas Iv Sdn 4 Bantrung Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (763kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (155kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (273kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (263kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (137kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (109kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (101kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa, dan menumbuhkan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan diterapkannya model Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas IV SDN 4 Bantrung Jepara. Suatu proses pembelajaran tentu mempunyai tujuan yang jelas. Tujuan pembelajaran yang tercapai secara maksimal merupakan target yang selalu diharapkan dalam suatu proses belajar. Pendekatan kontekstual (Contextual Teacing and Learning) merupakan konsep pembelajaran yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka. Hipotesis tindakan yaitu meningkatnya keterampilan guru, meningkatnya aktivitas siswa, meningkatnya keterampilan siswa dalam menulis karangan deskripsi melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learnin kelas IV SDN 04 Bantrung Jepara. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN 4 Bantrung Jepara dengan subjek penelitian 19 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Contextual Teaching and Learning, sedangkan variabel terikat adalah keterampilan menulis deskripsi. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian terdapat peningkatan pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning pada siklus I 71% dengan kualifikasi baik dan. Pada siklus II mengalami peningkatan presentase sebesar 79% dengan kualifikasi baik. Didukung dengan peningkatan aktivitas siswa anatara siklus I 70%, dan siklus II 74%. Kemampuan menulis karangan deskripsi juga mengalami peningkatan antara siklus I dan siklus II 74% untuk 14 siswa yang tuntas dari 19 siswa, dan 26% untuk 5 siswa belum tuntas. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 89% untuk 17 siswa yang tuntas dari 19 siswa, dan 11% untuk 2 siswa yang belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tindakan yang dilakukan pada kelas IV SDN 4 Bantrung dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Contekstual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi kelas IV SDN 4 Bantrung Jepara. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Contekstual Teaching and Learning, guru mengaitkan pembelajaran dengan hal yang pernah dialami siswa, agar dapat mengembangkan daya berpikirnya dalam menulis sebuah karangan deskripsi.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Keterampilan Menulis, karangan Deskripsi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 01 Jul 2016 07:04
Last Modified: 01 Jul 2016 07:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5546

Actions (login required)

View Item View Item