Penerapan Model Think Talk Write Berbantuan Media Blok Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Pada Kelas Iv Sd 1 Hadipolo

Husna, Nailul (2015) Penerapan Model Think Talk Write Berbantuan Media Blok Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Pada Kelas Iv Sd 1 Hadipolo. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (700kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (363kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (590kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (508kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (270kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (270kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (182kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (215kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Talk Write untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan pada kelas IV SD 1 Hadipolo. Hasil belajar merupakan hasil perubahan perilaku siswa yang terjadi karena proses belajar matematika dalam kurun waktu tertentu. Hasil belajar matematika pada penelitian ini berupa kognitif, afektif, dan psikomotor. Think Talk Write adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa berfikir setelah membaca, berbicara dan menulis. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan untuk siswa kelas IV SD 1 Hadipolo. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 1 Hadipolo dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah Think Talk Write. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika. Instrumen dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar Matematika siswa pada materi pecahan yang cukup signifikan antara siklus 1 (71,89%) menjadi (85,11%) siklus 2, didukung dengan peningkatan hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I 73,89% (baik) menjadi 86,04% (sangat baik) siklus II dan peningkatan hasil belajar siswa ranah psikomotor pada siklus I 63,89% (cukup) menjadi 85% (baik) siklus II serta peningkatan keterampilan guru dalam mengajar siklus I 60,5% (cukup) menjadi 90,4% (sangat baik) siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Think Talk Write berbantuan media blok pecahan dapat meningkatakn hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi pecahan di kelas IV SD 1 Hadipolo. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Hadipolo dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi pecahan kelas IV SD 1 Hadipolo. Untuk itu disarankan dalam penerapan model pembelajaran Think Talk Write, guru harus memperjelas perkataan dan ucapan agar mudah dipahami siswa saat memberikan pertanyaan dan diharapkan lebih bisa menarik perhatian siswa

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Think Talk Write, Hasil Belajar, Matematika, Blok pecahan
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 01 Jul 2016 07:12
Last Modified: 01 Jul 2016 07:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5547

Actions (login required)

View Item View Item