Penerapan Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Siswa Kelas V Sdn Karaban 04

Pujiwati, Sri (2015) Penerapan Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Siswa Kelas V Sdn Karaban 04. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (724kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (182kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (322kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (977kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (188kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (109kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (167kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi temuan hasil belajar matematika yang rendah pada siswa kelas V SDN Karaban 04. Hal ini disebabkan pembelajaran matematika yang dilakukan guru masih pembelajaran langsung. Solusi pemecahan masalah tersebut, maka diterapkannya model Quantum Teaching. Tujuan penelitian ini adalah menemukan peningkatan hasil belajar dengan diterapkannya model pembelajaran Quantum Teaching dalam pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V semester 2 SDN Karaban 04 tahun 2014/2015. Model pembelajaran Quantum Teaching. Pembelajaran Quantum Teaching adalah pengubahan belajar yang meriah dan menyenangkan dengan segala nuansanya, serta menyertakan segala interaksi yang memaksimalkan momen belajar Bangun datar merupakan bagian dari bidang datar yang dibatasi oleh garis lurus maupun lengkung. Model pembelajaran Quantum Teaching pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatani, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan siswa kelas V SDN Karaban 04 yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian siklus I keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran mencapai persentase 59,5% dengan kategori “cukup” dan mengalami peningkatan siklus II menjadi 83,50% dengan kategori “sangat baik”. Hasil belajar siswa ranah kognitif siklus I mencapai persentase 52, 63% dengan kategori “cukup” dan siklus II meningkat menjadi 84,20% dengan kategori “baik”. Hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I mencapai presentase 62% dengan kategori “ cukup” dan pada siklus II mencapai 79,70% dengan kategori “baik”. Hasil belajar siswa ranah Psikomor pada siklus I mencapai presentase 59,70% dengan kategori “ cukup” dan pada siklus II mencapai 77% dengan kategori “baik”. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V SDN Karaban 04 Tahun Pelajaran 2014/2015. Saran untuk guru, diharapkan model Quantum Teaching dapat menjadi referensi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Saran untuk siswa, Diharapkan siswa bisa lebih aktif dalam pembelajaran, dapat menumbuhkan semangat kerjasamanya, peduli pada teman-temannya, meningkatkan rasa penerimaan terhadap siswa lain, dan saling membantu dalam belajar. Saran untuk sekolah, hendaknya menyediakan fasilitas dan sumber belajar yang memadai dalam menunjang peningkatan kualitas pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Drs. Sabar Rutoto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching, Hasil belajar, Sifat-sifat bangun datar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 01 Jul 2016 07:23
Last Modified: 01 Jul 2016 07:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5548

Actions (login required)

View Item View Item