Rahmawati, Ainur (2015) Penerapan Model Picture And Picture Untuk Meningkatkan Pembelajaran Pkn Pada Siswa Kelas Iv Sd 4 Undaan Kidul Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HAL_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (376kB) |
PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (142kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (69kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (119kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Picture and picture dan menemukan peningkatan pembelajaran siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi kelas IV SD 4 Undaan Kidul Kudus yang meliputi aktivitas siswa, keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa. Pembelajaran adalah proses, cara, perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar. Model pembelajaran Picture and Picture adalah suatu metode belajar yang menggunakan gambar yang dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan logis. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SD 4 Undaan Kidul tahun pelajaran 2015. Jumlah siswa sebanyak 20 orang. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara, soal evaluasi, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai pembelajaran PKn siswa pada materi globalisasi. Ketuntasan klasikal pada ranah aktivitas siklus I 79,16% adapun pada siklus II 82,08%. Keterampilan mengajar guru siklus I 79,16% adapun pada siklus II 88,54%. Hasil belajar ranah kognitif siklus I 67,11% adapun pada siklus II 88,46%. Hasil belajar ranah afektif siklus I 70,24% adapun pada siklus II 80,2%. Hasil belajar ranah psikomoorik siklus I 72,59% adapun pada siklus II 85,26%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, serta meningkatkan keterampilan guru. Saran dalam penelitian ini, siswa hendaknya selalu memperhatikan apa yang disampaikan guru dan aktif dalam pembelajaran. Guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang variatif, salah satunya yaitu model Picture and Picture. Bagi kepala sekolah hendaknya memberikan kebijakan agar guru menggunakan model pembelajaran yang variatif, salah satunya yaitu model Picture and Picture.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing; Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd |
Kata Kunci: | Picture and Picture, Pembelajaran, PKn |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 01 Jul 2016 08:03 |
Last Modified: | 01 Jul 2016 08:03 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5549 |
Actions (login required)
View Item |