Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Pembelajaran Ipa Pada Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas Iv Sd 2 Karangbener Bae Kudus

Indarwati, Riga Ayu (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Pembelajaran Ipa Pada Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas Iv Sd 2 Karangbener Bae Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (996kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (234kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (524kB) | Request a copy
[img] PDF (BAb 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (585kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (168kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (126kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (127kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mendeskripsikan Keterampilan Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dan Menemukan Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam Pada Siswa Kelas IV SD 2 Karangbener Bae Kudus. Peningkatan Pembelajaran Dalam Penelitian Ini Adalah Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Dan Hasil Belajar Yang Dicapai Dalam Pembelajaran IPA. Pembelajaran IPA Adalah Pembelajaran Alam Yang Yang Terkait Dengan Kehidupan Manusia. Think Pair Share (TPS) Adalah Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Ciri Siswa Bekerja Kelompok Dengan Cara Berpasangan Sebangku-Sebangku (Think-Pairs), Dan Presentasi Kelompok (Share). Hipotesis Tindakan Dalam Penelitian Ini Adalah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dapat Meningkatkan Pembelajaran IPA Yaitu Keterampilan Guru Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 2 Karangbener Bae Kudus. Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan Di Kelas IV SD 2 Karangbener Bae Kudus Dengan Subjek Penelitian 18 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Atas Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Sedangkan Variabel Terikat Adalah Peningkatan Pembelajaran IPA. Instrumen Penelitian Ini Adalah Wawancara, Observasi, Tes, Dan Dokumentasi. Kondisi Awal Siswa Sebelum Tindakan Mendapat Ketuntasan Klasikal Hasil Belajar Sebesar 27,7% Dengan Rata-Rata Nilai 55,8 Meningkat Pada Siklus I Menjadi 55,6% Dengan Rata-Rata Nilai 70,5 Dan Pada Siklus II Meningkat Menjadi 83,3% Dengan Rata-Rata Nilai 78,8. Pengamatan Belajar Siswa Ranah Afektif Dan Psikomotorik Secara Klasikal Pada Siklus I Mendapat Persentase 65,6% Dengan Kategori Baik Meningkat Pada Siklus II Menjadi 79,1% Dengan Kategori Baik. Keterampilan Guru Juga Mengalami Peningkatan, Siklus I Mendapatkan Persentase 70.3% Dengan Kategori Baik, Pada Siklus II Meningkat Menjadi 79,1% Dengan Kriteria Baik. Simpulan Pada Penelitian Ini Adalah Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dapat Meningkatkan Pembelajaran IPA Yaitu Hasil Belajar Siswa, Serta Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran. Saran Dalam Penelitian Ini Diharapkan Para Peneliti Selanjutnya Dapat Mengembangkan Penelitian Untuk Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Maupun Model Pembelajaran Yang Lain Serta Media Lain Sehingga Hasil Belajar Siswa Dapat Meningkat.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps), Peningkatan Pembelajaran Ipa
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 01 Jul 2016 08:28
Last Modified: 01 Jul 2016 08:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5553

Actions (login required)

View Item View Item