PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV

Rum, Noor Lina Ning (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (314kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (127kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (232kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (586kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (234kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (164kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (90kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Peningkatan Aktivitas Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Serta Keterampilan Mengajar Guru Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 2 Surodadi Jepara Melalui Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Visual. Hasil Belajar Merupakan Prestasi Yang Dicapai Siswa Sebagai Bukti Keberhasilan Proses Belajar Mengajar. Make A Match Adalah Suatu Rangkaian Kegiatan Pembelajaran Yang Menekankan Pada Keaktifan Siswa Dengan Mencari Pasangan Kartu Soal/Jawaban Dengan Suasana Menyenangkan. Ilmu Pengetahuan Sosial Adalah Salah Pembelajaran Yang Menekankan Unsur Pendidikan Dan Pembekalan Kepada Siswa Untuk Hidup Bermasyarakat Yang Melibatkan Tingkah Laku Dan Kebutuhan Yang Dimilikinya Agar Menjadi Warga Negara Indonesia Yang Demokratis Penelitian Tindakan Kelas Akan Dilaksanakan Di Kelas IV SDN 2 Surodadi Jepara Dengan Subjek Penelitian Guru Dan 24 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Make A Match Berbantuan Media Visual. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Teknik Wawancara, Observasi, Tes, Dan Dokumentasi. Hasil Penelitian Menunjukkan Adanya Peningkatan Ketuntasan Aktivitas Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Pada Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi Dari Siklus I Ke Siklus II. Pada Siklus I Aktivitas Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Memperoleh Nilai Persentase Sebesar 71.91% Dan Pada Siklus II Meningkat Menjadi 80.07%. Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Yang Terdiri Dari Tiga Ranah Yaitu Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Juga Mengalami Peningkatan. Hasil Belajar Ranah Kognitif Meningkat Sebesar 16.67%. Pada Siklus I Memperoleh Persentase Ketuntasan Klasikal Sebesar 70.83% Dan Siklus II Memperoleh Persentase Ketuntasan Klasikal 87.5%. Hasil Belajar Ranah Afektif Meningkat Sebesar 7.8% Dari Siklus I Ke Siklus II Serta Hasil Belajar Ranah Psikomotor Meningkat Sebesar 8.37% Dari Siklus I Ke Siklus II. Keterampilan Mengajar Guru Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Juga Mengalami Peningkatan Dari Siklus I Memperoleh Persentase Sebesar 73.12% Meningkat Pada Siklus II Menjadi 82.5%. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Surodadi Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Visual Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Materi Perkembangan Teknologi Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Surodadi Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Untuk Itu Disarankan Bagi Siswa Agar Siswa Lebih Berpartisipasi Aktif Dan Memusatkan Perhatian Selama Kegiatan Pembelajaran Di Kelas Supaya Mampu Memahami Materi Dengan Baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Make A Match, Media Visual, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 01 Jul 2016 08:38
Last Modified: 01 Jul 2016 08:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5555

Actions (login required)

View Item View Item