Penerapan Model Pembelajaran Inside-Outsidecircle Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ipasiswa Kelas Iv Sd 4 Besito Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus

Maulida, Nur Laily (2015) Penerapan Model Pembelajaran Inside-Outsidecircle Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ipasiswa Kelas Iv Sd 4 Besito Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (474kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (161kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (876kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (457kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (716kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (269kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (79kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (246kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Mengetahui Apakah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Kelas Iv Sd 4 Besito Dan Mengetahui Apakah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru Kelas Iv Sd 4 Besito Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Hasil Belajar Adalah Sesuatu Yang Diperoleh Seseorang Setelah Mengalami Proses Belajar Baik Berupa Kognitif, Afektif, Maupun Psikomotorik Sebagai Wujud Dari Awalnya Tidak Tahu Menjadi Tahu, Perilaku Buruk Menjadi Baik, Dan Dari Tidak Bisa Menjadi Bisa. Inside-Outside Circle Adalah Suatu Model Pembelajaran Dengan Sistem Lingkaran Dalam Dan Lingkaran Luar, Siswa Saling Berbagi Informasi Pada Saat Yang Bersamaan Dengan Pasangan Yang Berbeda Dengan Singkat Dan Teratur. Hipotesis Tindakan Dalam Penelitian Ini Adalah Penerapan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle Diharapkan Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd 4 Besito Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan Di Kelas Iv Sd 4 Besito Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus Dengan Subjek Penelitian 17 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Pembelajaran Inside-Outside Circle, Sedangkan Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar Ipa. Metode Pengumpulan Data Pada Penelitian Ini Adalah Wawancara, Observasi, Tes, Dan Dokumentasi. Instrumen Pengumpulan Data Meliputi Pedoman Wawancara Guru, Pedoman Wawancara Siswa, Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa, Lembar Pengamatan Keterampilan Guru, Dan Tes Evaluasi Hasil Belajar. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Yaitu Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar Ipa Siswa Pada Materi Perubahan Kenampakan Bumi Yaitu Siklus I 64,7% Dan Siklus Ii 75%. Didukung Dengan Peningkatan Afektif Siswa Pada Siklus I 70,5 (Baik) Dan Pada Siklus Ii 81 (Baik). Peningkatan Juga Pada Psikomotorik Siswa, Siklus I 72 (Baik), Dan Siklus Ii 84 (Baik). Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Inside-Outside Circle Juga Mengalami Peningkatan Pada Siklus I 78 (Baik) Dan Pada Siklus Ii 89,6 (Sangat Baik). Hal Itu Membuktikan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd 4 Besito Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas Iv Sd 4 Besito Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd 4 Besito. Untuk Itu Disarankan Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle, Guru Hendaknya Menerapkan Model Pembelajaran Yang Inovatif Dan Mampu Mengaktifkan Siswa Salah Satunya Adalah Model Pembelajaran Inside-Outside Circle, Guru Harus Tetap Memberikan Motivasi Dan Kesempatan Kepada Siswa Untuk Berani Bertanya Dan Mengemukakan Ide/Gagasan, Siswa Diharapkan Mampu Mengaplikasikan Ilmu Yang Diperoleh Dalam Kehidupan Sehari-Hari, Siswa Hendaknya Turut Berpartisipasi Aktif Dalam Kegiatan Pembelajaran, Berani Bertanya Atau Mengemukakan Ide/Gagasan, Siswa Hendaknya Menghargai Guru Dengan Memperhatikan Pelajaran Dan Patuh Pada Perintah Guru, Menjelaskan Materi Dengan Bahasa Yang Jelas Dan Mudah Dimengerti Serta Mengaitkan Dengan Kehidupan Sehari-Hari, Memberikan Teguran Pada Siswa Yang Tidak Memperhatikan Pelajaran Karena Masih Terdapat Beberapa Siswa Yang Sering Berbicara Dengan Temannya Saat Kegiatan Pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Inside-Outside Circle, Hasil Belajar Ipa, Perubahan Kenampakan Bumi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 01 Jul 2016 08:49
Last Modified: 01 Jul 2016 08:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5556

Actions (login required)

View Item View Item