Penerapan Model Quantum Teaching Dengan Teknik Ambak Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Energi Dan Penggunaannya Kelas Iv Sd 4 Temulus Mejobo Kudus

Mariyatul Qibtiyah, Lina (2015) Penerapan Model Quantum Teaching Dengan Teknik Ambak Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Energi Dan Penggunaannya Kelas Iv Sd 4 Temulus Mejobo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (430kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (119kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (450kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (478kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (246kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (115kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (186kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Mendeskripsikan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran IPA Materi Energi Dan Penggunaanya Dengan Diterapkannya Model Quantum Teaching Dengan Teknik AMBAK Di Kelas IV SD 4 Temulus Mejobo Kudus Dan Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD 4 Temulus Mejobo Kudus Pada Pembelajaran IPA Materi Energi Dan Penggunaanya Dengan Penerapan Model Quantum Teaching Teknik AMBAK. Hasil Belajar Merupakan Perubahan Tingkah Laku Setelah Melalui Proses Belajar Mengajar Yang Mencakup Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik. Quantum Teaching Merupakan Cara Baru Yang Memudahkan Proses Belajar, Yang Memadukan Unsur Seni Dan Pencapaian Yang Terarah. Teknik AMBAK Merupakan Singkatan Dari “Apa, Manfaatnya, Bagiku”. Teknik Ini Menghadirkan Perasaan Dalam Diri Peserta Didik Bahwa Apa Yang Mereka Pelajari Akan Memberikan Manfaat Yang Besar. Penelitian Tindakan Kelas Ini Dilaksanakan Di Kelas IV SD 4 Temulus Dengan Subjek Penelitian 17 Peserta Didik. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yakni Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Quantum Teaching Dengan Teknik AMBAK. Adapun Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar IPA. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Teknik Wawancara, Observasi, Tes, Dan Dokumentasi. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Nilai Hasil Belajar IPA Peserta Didik Pada Materi Energi Dan Penggunaannya Yang Cukup Signifikan Antara Siklus I (64,70%), Dan Siklus II (88,23%), Didukung Dengan Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Ranah Afektif Pada Siklus I 66,02% (Tinggi) Menjadi 79,26% (Tinggi) Siklus II, Dan Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Ranah Psikomotorik Pada Siklus I 73,28% (Tinggi) Menjadi 77,20% (Tinggi) Siklus II. Pengelolaan Pembelajaran Model Quantum Teaching Dengan Teknik AMBAK Juga Mengalami Peningkatan Pada Siklus I 75% (Baik) Menjadi 85,71% (Sangat Baik) Siklus II. Hal Itu Membuktikan Bahwa Penerapan Model Quantum Teaching Dengan Teknik AMBAK Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Energi Dan Penggunaannya Kelas IV SD 4 Temulus Mejobo Kudus. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas IV SD 4 Temulus Mejobo Kudus Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Quantum Teaching Dengan Teknik AMBAK Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Energi Dan Penggunaannya Kelas IV SD 4 Temulus Mejobo Kudus. Untuk Itu Disarankan Dalam Menerapkan Model Quantum Teaching Dengan Teknik AMBAK, Guru Harus Menggunakan Media Pembelajaran Yang Berkaitan Dengan Materi Permasalahan Di Lingkungan Sekitar Peserta Didik Serta Menjelaskan Kepada Peserta Didik Bahwa Apa Yang Mereka Pelajari Mempunyai Manfaat Yang Besar Dan Dapat Diterapkan Dalam Kehidupan Sehari-Hari.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing:Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching, Teknik AMBAK, Hasil Belajar IPA, Energi Dan Penggunaannya
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 02 Jul 2016 01:30
Last Modified: 02 Jul 2016 01:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5558

Actions (login required)

View Item View Item