Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd 1 Prambatan Kidul

Astuti, Risti (2016) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd 1 Prambatan Kidul. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (997kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (251kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (465kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (670kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (215kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (168kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (241kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (13MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan (1) Mendeskripsikan Peningkatan Keterampilan Guru Dengan Diterapkannya Model Pembelajaran Make A Match Pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi, (2) Menemukan Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV SD 1 Prambatan Kidul Dengan Diterapkannya Model Pembelajaran Make A Match Pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi, (3) Menemukan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 1 Prambatan Kidul Dengan Diterapkannya Model Pembelajaran Make A Match Pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi. Hasil Belajar Adalah Hasil Yang Diperoleh Dalam Mempelajari Materi Pelajaran Sebagai Bentuk Tingkat Keterlibatan Siswa Yang Ditandai Dengan Perubahan Perilaku. Model Pembelajaran Make A Match Yaitu Model Pembelajaran Yang Lebih Mengaktifkan Siswanya Dalam Proses Belajar Mengajar, Melatih Siswa Untuk Berani Mengemukakan Pendapat Dan Berpikir Kritis. Hipotesis Tindakan Dalam Penelitian Ini Adalah (1) Terjadi Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Dengan Diterapkannya Model Pembelajaran Make A Match Pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi, (2) Terjadi Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV SD 1 Prambatan Kidul Dengan Diterapkannya Model Pembelajaran Make A Match Pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi, (3) Terjadi Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 1 Prambatan Kidul Kudus Dengan Diterapkannya Model Pembelajaran Make A Match Pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Ini Dilaksanakan Di SD 1 Prambatan Kidul Dengan Subjek Penelitian 38 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahapan Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Pembelajaran Make A Match. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar IPS. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Dan Tes. Teknik Analisis Data Menggunakan Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Ketuntasan Nilai Hasil Belajar IPS Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi Yang Cukup Signifikan Antara Siklus I (67,64%), Dan Siklus II (88,88%), Didukung Dengan Peningkatan Aktivitas Belajar IPS Siswa Pada Siklus I 58,5% (Cukup) Menjadi 76,5% (Baik) Siklus II. Keterampilan Guru Dengan Diterapkannya Model Pembelajaran Make A Match Juga Mengalami Peningkatan Pada Siklus I 68,36% (Baik) Menjadi 87,89% (Sangat Baik) Siklus II. Hal Itu Membuktikan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi Kelas IV SD 1 Prambatan Kidul. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas IV SD 1 Prambatan Kidul Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi Kelas IV SD 1 Prambatan Kidul. Untuk Itu Disarankan Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Make A Match Guru Hendaknya Lebih Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa Dengan Cara Memotivasi Ketika Proses Pembelajaran Agar Pembelajaran Menjadi Lebih Aktif Dan Menyenangkan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Make A Match, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 02 Jul 2016 01:44
Last Modified: 02 Jul 2016 01:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5559

Actions (login required)

View Item View Item