The Mastery Of Vocabulary For The Fifth Grade Students Of Mi Nu Hidayatul Mustafidin Lau Kudus Taught By Using Cartoon Picture In Academic Years 2015/2016

SAFITRI, RIRIN MELA (2016) The Mastery Of Vocabulary For The Fifth Grade Students Of Mi Nu Hidayatul Mustafidin Lau Kudus Taught By Using Cartoon Picture In Academic Years 2015/2016. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (962kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (114kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (204kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (250kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (285kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (100kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (142kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (88kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Kosa kata merupakan salah satu aspek penting dalam Bahasa Inggris karena tanpa memahami kosakata dengan baik, siswa akan kesulitan dalam belajar Bahasa Inggris. Oleh karena itu, guru harus menemukan cara yang tepat untuk mengajar kosakata bahasa Inggris. Guru MI NU Hidayatul Mustafidin Lau hanya menyuruh siswa menghafalkan kosakata bahasa Inggris selama proses pembelajaran. Sehingga, penulis mencoba mengaplikasikan gambar kartun sebagai media mengajar kosakata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu adanya perbedaan kosakata yang signifikan dari siswa kelas V MI NU Hidayatul Mustafidin Lau Kudus sebelum dan sesudah diajar menggunakan Gambar Kartun pada tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penulis menggunakan bentuk satu kelompok pretest dan posttest. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas V MI NU Hidayatul Mustafiidin Lau Kudus pada tahun ajaran 2015/2016 dan samplenya adalah siswa kelas V. Sebelum siswa menerima perlakuan, mereka mendapatkan pretest untuk mengetahui hasil dari pengajaran sebelum diajar menggunakan gambar kartun. Kemudian, penulis memberikan perlakuan kepada siswa. Setelah mendapatkan perlakuan, penulis memberikan posttest dan menbandingkan hasil posttest dengan pretest. Kemudian data dianalisis menggunakan t-test. Hasil dari penguasaan kosakata siswa kelas V MI NU Hidayatul Mustafidin Lau Kudus pada tahun ajaran 2015/2016 sebelum diajar menggunakan gambar kartun memiliki mean 71.5, median 67.2, mode 63.19, dan standar deviasi 14.24. Sedangkan setelah diajar menggunakan gambar kartun memiliki mean 80.3, median 81.18, modus 79.5, dan standar deviasi 10.41. Dengan demikian memiliki t-observasi (to) 5,81 dengan tingkat signifikan 0,05, degree of freedom (df) 19, dan t-tabel (tt) 2,09. Dengan kata lain, t-observasi lebih besar dari pada t-tabel (to>tt). Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan penguasaan kosakata yang signifikan dari siswa kelas V MI NU Hidayatul Mustafidin Lau Kudus sebelum dan sesudah diajar menggunakan gambar kartun pada tahun ajaran2015/2016. Sehingga, dapat dikatakan null hypothesis ditolak dan hipotesis penelitian diterima. Berdasarkan hasil penelitian diatas, diharapkan para guru Bahasa Inggris harus lebih kreatif dan inovatif dengan menggunakan media pembelajaran yang beragam. Sehingga, siswa akan lebih tertarik untuk belajar bahasa Inggris. Kemudian mereka akan merasa senang dan asyik dalam belajar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Diah Kurniati, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Gambar Kartun, media pembelajaran, kosa kata bahasa inggris
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 02 Jul 2016 02:04
Last Modified: 02 Jul 2016 02:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5562

Actions (login required)

View Item View Item