Peningkatan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Siswa Kelas Iv Sdn Teluk Kulon Jepara Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Ctl

Sholikhiyah, Lilis (2015) Peningkatan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Siswa Kelas Iv Sdn Teluk Kulon Jepara Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Ctl. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (517kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (197kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (299kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (502kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (200kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (116kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (33MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Latar Belakang Penelitian Ini Adalah Rendahnya Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas IV SDN Teluk Kulon Jepara Yang Ditunjukkan Dari Persentase Ketuntasan Belajar Pkn Kelas IV SDN Teluk Kulon Jeparahanya Sebesar 40% Dengan Nilai Rata-Rata Kelas Sebesar 58,5 (KKM 65). Rumusan Masalah Dalam Penelitian Ini Yaitubagaimana Peningkatkan Hasil Belajar Pkn, Aktivitas Belajar Pkn,Dan Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Pkn, Melalui Model Pembelajaran CTL Padasiswa Kelas IV SDN Teluk Kulon Jepara Materi Globalisasi? Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Menemukan Peningkatan Hasil Belajar Pkn, Mendeskripsikan Aktivitas Belajar Pkn, Dan Mendeskripsikan Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Pknpada Siswa Kelas IV SDN Teluk Kulon Jepara Materi Globalisasi Dengan Diterapkannya Model Pembelajaran CTL. Penelitian Ini Adalah Penelitian Tindakan Kelas Yang Berlangsung Dalam 2 Siklus Dengan Tahapan Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan Dan Pengamatan, Serta Refleksi. Lokasi Penelitian Ini Yaitu Di SDN Teluk Kulon Jepara Dengan Subjek Penelitian Adalah Siswa Kelas IV SDN Teluk Kulon Jepara Tahun Ajaran 2014/2015 Yang Berjumlah 20 Orang Siswa. Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Ini Menggunakan Metode Observasi, Wawancara, Tes, Dan Dokumentasi.Instrumen Dalam Penelitian Ini Berupa Pedoman Wawancara, Lembar Observasi Dan Tes Hasil Belajar.Teknik Analisis Data Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitataif Dan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Hasil Penelitian Ini Adalah Terjadi Peningkatan Hasil Belajar Pkn, Aktivitas Belajar Siswa, Danketerampilan Guru Dalam Pembelajaran Pkn. Pada Tahap Prasiklus Persentase Ketuntasan Hasil Belajar Pknhanya 40% Dengan Rat-Rata Kelas 58,5, Pada Siklus I Persentase Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Meningkat Menjadi 70% Dengan Rata-Rata Kelas 69,9 Kemudian Pada Siklus II Meningkat Menjadi 90% Dengan Nilai Rata-Rata Kelas Sebesar 82,7. Hasil Aktivitas Belajar Siswa (Afektif Dan Psikomotorik) Aktivitas Belajar Siswa Afektif Pada Siklus I Memperoleh Skor Rata-Rata 65,41% Dengan Kategori Baik Dan Meningkat Pada Siklus II Menjadi 80,00% Dengan Kategori Baik Sedangkan Aktivitas Belajar Siswa Psikomotorik Pada Siklus I Memperoleh Skor Rata-Rata 62,5% Dengan Kategori Cukup Kemudian Meningkat Pada Siklus II Menjadi 79,17% Dengan Kategori Baik. Keterampilan Guru Pada Siklus I Memperoleh Skor Rata-Rata 68,33% Dengan Kriteria Baik, Meningkat Pada Siklus II Menjadi 89,16% Dengan Kriteria Sangat Baik. Simpulan Penelitian Ini Adalahpenggunaan Model Pembelajaran CTL Materi Globalisasi Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pkn, Aktivitas Belajarsiswa Serta Keterampilan Guru Kelas IV SDN Teluk Kulon Jepara. Selanjutnya, Saran Yang Diberikan Yaitu Hendaknya Siswa Selalu Memperhatikan Apa Yang Disampaikan Guru Dan Aktif Dalam Pembelajaran, Guru Dapat Menggunakan Model Pembelajaran Ctldalam Pembelajaran Pkn, Dan Kepala Sekolah Sebaiknya Memfasilitasi Dengan Sumber Dana Dan Alat Bantu Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing:Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons
Uncontrolled Keywords: CTL, Hasil Belajar Pkn, Globalisasi.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 02 Jul 2016 02:19
Last Modified: 02 Jul 2016 02:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5564

Actions (login required)

View Item View Item