Penggunaan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Pengaruh Globalisasi Terhadap Lingkungan Berbantuan Mediagambar Di Kelas Iv Sd 8 Cendono Kudus

Suci Rahayu, Amalia (2015) Penggunaan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Pengaruh Globalisasi Terhadap Lingkungan Berbantuan Mediagambar Di Kelas Iv Sd 8 Cendono Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (577kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (259kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (338kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (459kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (246kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (169kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (157kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mendeskripsikan Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru, Aktivitas Siswa Danhasil Belajar, Pada Mata Pelajaran Pkn Materi Pengaruh Globalisasi Terhadap Lingkungan Kelas IV SD 8 Cendono. Berdasarkan Uraian Tersebut, Peneliti Akan Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Dengan Judul “Penggunaan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Pengaruh Globalisasi Terhadap Lingkungan Berbantuan Media Gambar Di SD 8 Cendono Kudus”. Model Pembelajaran Make A Match Adalah Model Pembelajaran Yang Melibatka Seluruh Siswa Melalui Permainan Berbentuk Kartu Jawaban Dimana Siswa Harus Mencari Pasangan Kartu Yang Mereka Bawa. Langkah-Langkah Model Pembelajaran Make A Match (1) Penyampaian Materi, (2) Pembagian Kartu Soal, (3) Mencari Pasangan Kartu, Dan (4) Presentasi. Model Ini Akan Diterapkan Dalam Mata Pelajaran Pkn Materi Pengaruh Globalisasi Terhadap Lingkungan Siswa Kelas IV”. Pendidikan Kewarganegaraan Merupakan Salah Satu Mata Pelajaran Yang Dipelajari Di Sekolah Dasar. Dalam Mata Pelajaran Pkn Terdapat Materi Globalisasi. Globalisasi Merupakan Suatu Proses Perkembangan Yang Cepat Yang Meliputi Berbagai Bidang Teknologi, Komunikasi, Dan Lain-Lain, Yang Menyangkut Kepentingan Berbagai Pihak. Hipotesis Tindakan Penelitian Ini Adalah Penggunaan Model Make A Match Keterampilan Guru, Aktifitas, Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Pengaruh Globalisasi Terhadap Lingkungan Di SD 8 Cendono Akan Meningkat. Jenis Penelitian Ini Merupakan Penelitian Tindakan Kelas Dengan Subjek Kelas IV SD 8 Cendono Dawe Kudus Yang Dilaksanakan Pada Bulan November 2014 Sampai Juni 2015. Penelitian Ini Dilaksanakan Dalam 2 Siklus. Metode Pengumpulan Data Yang Digunakan Berupa Wawancara, Tes, Observasi, Dan Dokumentasi. Instrumen Yang Digunakan Berupa Lembar Wawancara, Soal Evaluasi, Dan Lembar Observasi. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Yaitu Teknik Analisis Data Kualitatif Dan Kuantitatif. Hasil Penelitian Menunjukkan Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru, Aktivitas Belajar Siswa, Dan Hasil Belajar Siswa. Hal Ini Dapat Dilihat Dari Terpenuhinya Indikator Keberhasilan Sebagai Berikut. (1) Keterampilan Guru Dilihat Dari Siklus I Mendapatkan65% Menjadi 81,25% Di Siklus II (2) Aktivitas Belajar Siswa Pada Siklus I Memperolehpresentase Rata-Rata Sebesar 80,02% Dan Meningkat Pada Siklus II Sebesar 82,69% Dengan Kualifikasi Baik (3) Peningkatan Hasil Belajar Aspek Kognitif Dari Pra Siklus Menjadi 35% Dan Meningkat Lagi Menjadi 80%. Aspek Afektif Memperoleh Persentase 67,5%, Sedangkan Siklus II Mendapatkan 74%. Pada Aspek Psikomotorik Siklus I Mendapatkan 65% Dan Siklus II Mendapatkan 69%. Jadi Dapat Diambil Kesimpulan Dengan Menggunakan Model Make A Match Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Simpulan Pada Penelitian Ini Ialah Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Make A Match Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Afektif, Psikomotorik Dan Pengelolaan Pembelajaran Guru. Saran Dalam Penelitian Tindaakan Hendaknya Siswa Bisa Lebih Bersemangat Dan Tertib Dalam Mengikuti Pembelajaran Pkn Serta Model Pembelajaan Tipe Make A Match Dan Dapat Dijadikaan Alternatif Solusi Bagi Guru Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa.  

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons.
Uncontrolled Keywords: Model Make A Match, Pkn,Globalisasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 02 Jul 2016 02:49
Last Modified: 02 Jul 2016 02:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5565

Actions (login required)

View Item View Item