Penerapan Model Inkuiri Pada Materi Kesebangunan Dan Simetri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester Ii Sd 5 Pasuruhan Lor Kudus

FAHRUNIKA, DETA (2015) Penerapan Model Inkuiri Pada Materi Kesebangunan Dan Simetri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester Ii Sd 5 Pasuruhan Lor Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (663kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (208kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (574kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (555kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (212kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (160kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (116kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Fahrunika, Deta. 2015. Penerapan Model Inkuiri Pada Materi Kesebangunan Dan Simetri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester II SD 5 Pasuruhan Lor Kudus. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (1) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd, (2) Henry Suryo Bintoro, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Inkuiri, Hasil Belajar, Kesebangunan, Simetri Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V semester II SD 5 Pasuruhan Lor pada materi kesebangunan dan simetri melalui penerapan model inkuiri (2) untuk mengetahui peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran matematika kelas V SD 5 Pasuruhan Lor pada materi kesebangunan dan simetri melalui penerapan model inkuiri. Model inkuiri yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran yang kegiatan pembelajarannya menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mecari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Hasil belajar merupakan kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Pada pembelajaran matematika proses mencari dan menemukan sendiri jawaban yang dimaksud adalah menemukan sendiri banyaknya simetri lipat dan simetri putar suatu bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD 5 Pasuruhan Lor Jati Kudus yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan keterampilan guru mengajar, lembar pengamatan hasil belajar aspek afektif dan psikomotorik siswa, tes pilihan ganda, dan lembar pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan siklus I memperoleh persentase 65% meningkat 90% pada siklus II. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 70% meningkat menjadi 85% pada siklus II. Persentase hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I 78,25% meningkat menjadi 86,75% pada siklus II. Sedangkan presentase hasil belajar ranah psikomotorik memperoleh persentase 76,25% meningkat 83,25% pada siklus II. Simpulan peneliti bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi kesebangunan dan simetri kelas V SD 5 Pasuruhan Lor. Saran dalam penelitian ini adalah guru harus berusaha meningkatkan pembelajaran salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif, menggunakan media dan sumber belajar yang beragam. Untuk siswa harus lebih bersemangat dan rajin dalam mengikuti pembelajaran terutama pada pembelajaran matematika.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Inquiry, Learning Achievement, Similarity, Symmetry
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 02 Jul 2016 02:45
Last Modified: 02 Jul 2016 02:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5566

Actions (login required)

View Item View Item