Penerapan Model Quantum Teaching Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V

RODLIANA, LIA (2016) Penerapan Model Quantum Teaching Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (779kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (244kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (349kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (497kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (257kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (165kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (219kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model quantum teaching untuk peningkatan keterampilan menulis pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi karangan narasi kelas V SD Negeri 3 Menganti. Keterampilan Menulis merupakan keterampilan yang sangat kompleks, keterampilan menulis termasuk keterampilan berbahasa yang sangat urgensehingga harus dikuasai oleh siswa. Karangan narasi merupakan salah satu karangan yang berisi tentang cerita, kejadian/ peristiwa. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model quantum teaching untuk peningkatan keterampilan menulis materi karangan narasi bagi siswa kelas V SD Negeri 3 Menganti. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD Negeri 3 Menganti dengan subjek penelitian 23 Siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model quantumteaching. Sedangkan variabel terikat keterampilan menulis karangan narasi. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan menulis narasi siklus I (60,87%), siklus II (78,27%) dengan rata-rata nilai siswa 66,82 pada siklus I, dan 71,48 pada siklus II, didukung dengan persentase skor aktivitas siswa siklus I sebesar 64,59% (Baik) menjadi 72,97% (Baik) pada siklus II. Persentase skor keterampilan mengajar guru siklus I sebesar 80,55% (Baik) menjadi 86,11% (Sangat Baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD Negeri 3 Menganti dapat disimpulkan bahwa penerapan model quantum teaching dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa pada materi keterampilan menulis karangan narasi kelas V SD Negeri 3 Menganti Jepara

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Murtono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Quantum Teaching, Keterampilan Menulis Karangan Narasi.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 02 Jul 2016 03:11
Last Modified: 02 Jul 2016 03:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5567

Actions (login required)

View Item View Item