Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Sumber Daya Alam Melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples Pada Siswa Kelas Iv Sd 1 Singocandi Kudus

Enggar Martias , Fela (2015) Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Sumber Daya Alam Melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples Pada Siswa Kelas Iv Sd 1 Singocandi Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (466kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (206kB) | Request a copy
[img] PDF (Bb 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (369kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (391kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (506kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Bab 5) - Accepted Version
Download (265kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (172kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (232kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Mendeskripsikan Peningkatan Keterampilan Guru, Aktivitas Siswa, Serta Mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Diterapkannya Model Pembelajaran Examples Non Examples Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SD 1 Singocandi Kudus Tahun 2014/2015. Model Pembelajaran Examples Non Examples Merupakan Model Pembelajaran Yang Membentuk Kelompok Dan Mengutamakan Kerja Sama Antar Anggota Kelompok. Melalui Model Pembelajaran Ini Siswa Diharapkan Dapat Mengerti Materi Pelajaran Dengan Menganalisis Contoh-Contoh Gambar Yang Ditampilkan Oleh Guru. Hipotesis Yang Diajukan Adalah Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Examples Non Examples Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru, Aktivitas Siswa, Serta Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SD 1 Singocandi Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilaksanakan Di Kelas IV SD 1 Singocandi Kudus Dengan Subyek Penelitian 20 Siswa. Prosedurnya Meliputi 2 Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Dua Pertemuan. Variabel Bebas Yang Diteliti Yaitu Model Pembelajaran Examples Non Examples, Sedangkan Variabel Terikatnya Yaitu Hasil Belajar Siswa Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SD 1 Singocandi Kudus. Metode Pengumpulan Data Melalui Metode Observasi, Tes, Wawancara, Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Meliputi Teknik Analisis Data Kualitatif Dan Kuantitatif. Hasil Penelitian Menunjukkan Dengan Menggunakan Model Examples Non Examples Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran, Aktivitas Belajar Siswa, Dan Hasil Belajar IPA Siswa. Hal Ini Dapat Dilihat Dari Terpenuhinya Indikator Keberhasilan Sebagai Berikut. (1) Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Pada Siklus I Ke Siklus II Dari Persentase 2,72% Menjadi 3,30% Dengan Kriteria Minimal Baik; (2) Peningkatan Hasil Belajar Afektif Dan Psikomotorik Dilihat Dari Peningkatan Kriteria Aktivitas Siswa Dari Siklus I Ke Siklus II Yaitu Dari 2,53% Menjadi 2,67% Dengan Kriteria Minimal Baik; Dan (3) Peningkatan Hasil Belajar Dilihat Dari Peningkatan Nilai Rata-Rata Kelas Pada Siklus I Ke Siklus II Yaitu 65,65 Menjadi 77 Dan Persentase Klasikal Siswa Dari 55% Menjadi 80%. Simpulan Dalam Penelitian Ini Yaitu Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam Pada Siswa Kelas IV SD 1 Sinngocandi Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Saran Dalam Penelitian Ini, Siswa Hendaknya Lebih Aktif Dan Semangat Dalam Pembelajaran. Guru Hendaknya Menerapkan Model Pembelajaran Yang Inovatif Dan Menyenangkan Agar Siswa Tidak Bosan. Bagi Sekolah Hendaknya Melaksanakan Perbaikan Kebijakan Dalam Proses Belajar Mengajar, Meningkatkan Mutu Dan Kualitas, Model Pembelajara Examples Non Examples Dapat Menjadi Alternatif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Examples Non Examples, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 02 Jul 2016 03:02
Last Modified: 02 Jul 2016 03:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5569

Actions (login required)

View Item View Item