Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Crh (Course Review Horay) Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Sowan Lor Kedung Jepara

Astriyani, Viska (2016) Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Crh (Course Review Horay) Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Sowan Lor Kedung Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (918kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (249kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (683kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (694kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (277kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (173kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (217kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Mengetahui Peningkatan Keterampilan Guru Pada Pembelajaran IPS Setelah Diterapkannya Model Pembelajaran CRH Dan Mengetahui Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Sowan Lor Setelah Diterapkannya Model Pembelajaran CRH Serta Mengetahui Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 1 Sowan Lor Setelah Diterapkannya Model Pembelajaran CRH. Hasil Belajar Adalah Nilai Yang Diperoleh Siswa Dari Hasil Evaluasi Setelah Kegiatan Proses Pembelajaran Yang Sudah Dicapai Siswa Dalam Ranah Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik. Model Pembelajaran CRH (Course Review Horay) Merupakan Model Yang Menguji Pemahaman Siswa Dalam Menjawab Soal, Di Mana Soal Tersebut Dituliskan Pada Kartu Atau Kotak Yang Telah Dilengkapi Nomor. Kelompok Yang Dapat Menjawab Benar Pada Kartu Atau Kotak Yang Sudah Ditulisi Jawaban Yang Benar Diberi Tanda √ Serta Diwajibkan Berteriak Hore Atau Yel-Yel Yang Disukai. Hipotesis Tindakan Dalam Penelitian Adalah Penggunaan Model Pembelajaran CRH (Course Review Horay) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Bagi Siswa Kelas V SDN 1 Sowan Lor Kedung Jepara. Penelitian Ini Merupakan Penelitian Tindakan Kelas Yang Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Dengan Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Tindakan, Observasi, Dan Refleksi. Penelitian Ini Dilaksanakan Di Kelas V SDN 1 Sowan Lor Dengan Subjek Penelitian 39 Siswa. Variabel Bebas Adalah Model Pembelajaran CRH. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar IPS. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Teknik Wawancara, Observasi, Tes, Dan Dokumentasi. Analisis Data Yang Digunakan Merupakan Analisis Kualitatif Dan Kuantitatif. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar IPS Yang Cukup Signifikan Antara Siklus I (59%), Dan Siklus II (90%), Didukung Dengan Peningkatan Aktivitas Belajar IPS Siswa Siklus I 60,6% (Cukup) Menjadi 80,6% (Baik) Pada Siklus II Dan Keterampilan Guru Siklus I 64,5% (Cukup) Menjadi 89,5% (Sangat Baik) Pada Siklus II. Hal Itu Membuktikan Bahwa Penggunaan Model Pembelajaran CRH Dapat Meningkatan Hasil Belajar Siswa. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas V SDN 1 Sowan Lor Dapat Disimpulkan Bahwa Hasil Belajar IPS Dapat Meningkat Dengan Penggunaan Model Pembelajaran CRH Kelas V SDN 1 Sowan Lor Kedung Jepara. Adapun Saran Yang Diberikan Yaitu Sebaiknya Guru Dapat Menggunakan Model CRH Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: 3. Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Ips, Crh (Course Review Horay)
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 02 Jul 2016 03:38
Last Modified: 02 Jul 2016 03:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5572

Actions (login required)

View Item View Item