Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Tema Pekerjaan Melalui Model Talking Stick Berbantuan Permainan Tradisional Pada Siswa Kelas Iii Sd N 1 Godong Kab.Grobogan

Testi Ayu, Argina (2016) Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Tema Pekerjaan Melalui Model Talking Stick Berbantuan Permainan Tradisional Pada Siswa Kelas Iii Sd N 1 Godong Kab.Grobogan. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Halaman_Sampul.pdf - Accepted Version

Download (672kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Mendeskripsikan Penerapan Model Talking Stick Berbantuan Permainan Tradisional Dan Mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tema Pekerjaan Pada Siswa Kelas III SD N 1 Godong. Hasil Belajar Merupakan Proses Terjadinya Perubahan Tingkah Laku Pada Diri Siswa Setelah Mengikuti Proses Pembelajaran. Model Pembelajaran Talking Stick Adalah Model Pembelajaran Dengan Bantuan Tongkat, Siapa Yang Memegang Tongkat Wajib Menjawab Pertanyaan Dari Guru Setelah Siswa Mempelajari Materi Pokoknya Sehingga Mendorong Siswa Untuk Berani Mengemukakan Pendapat.. Permainan Tradisional Merupakan Kekayaan Budaya Bangsa Yang Mempunyai Nilai-Nilai Luhur Untuk Dapat Diwariskan Kepada Anak-Anak Sebagai Generasi Penerus. Permainan Tradisional Yang Dipakai Dalam Pembelajaran Yaitu Permainan Engklek Dan Ular Tangga. Penelitian Tindakan Kelas Ini Akan Dilaksanakan Di Kelas III SD N 1 Godong Dengan Subjek Penelitian 33 Siswa, Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan Dan Pengamatan, Refleksi. Variabel Bebas Dalam Penelitian Ini Adalah Model Talking Stick Berbantuan Permainan Tradisional Pada Siswa Kelas III SD N 1 Godong Kab.Grobogan Sedangkan Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar Tema Pekerjaan.Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Teknik Wawancara, Observasi, Tes, Dokumentasi. Data Yang Telah Diperoleh Dari Tindakan Dianalisis Secara Kuantitatif Dan Kualitatif. Aspek Kognitif, Afektif, Psikomotorik, Ketrampilan Guru Dan Aktivitas Siswa Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tema Pekerjaan Melalui Model Talking Stick Berbantuan Permainan Tradisional. Peningkatan Pada Aspek Kognitif Dilihat Pada Siklus I Ke Siklus II Yaitu Ketuntasan Klasikal 75,76% Menjadi 84,85%. Pada Aspek Afektif Dilihat Dari Siklus I Ke Siklus II Yaitu Dari 82,75% Kriteria Cukup Naik Menjadi 96,00%, Dengan Kriteria Sangat Baik, Sedangkan Pada Aspek Psikomotorik Dilihat Siklus I Ke Siklus II Yaitu Dari 73,87% Kriteria Baik Naik Menjadi 94,18% Berada Pada Kriteria Sangat Baik. Dan Pada Aspek Ketrampilan Guru Dilihat Dari Siklus I Ke Siklus II Yaitu 77,15% Kriteria Baik Naik Menjadi 91,80% Dengan Kriteria Sangat Baik. Pada Aspek Aktivitas Siswa Dilihat Dari Siklus I Ke Siklus II Yaitu 65,07% Kriteria Baik Naik Menjadi 76,68% Berada Pada Kriteria Baik. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas III SD N 1 Godong Dapat Disimpulkan Bahwa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Permainan Tradisional Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru, Aktivitas Siswa Dan Hasil Belajar Siswa Pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Pada Tema Pekerjaan Kelas III SD N 1 Godong.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Imaniar Purbasari S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Hasil Belajar, Talking Stick, Permainan Tradisional, Tema Pekerjaan
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 02 Jul 2016 03:46
Last Modified: 02 Jul 2016 03:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5574

Actions (login required)

View Item View Item