Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Ips Materi Keterkaitan Kenampakan Alam Dengan Sosial Dan Budaya

Indrasari, Risma (2016) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Ips Materi Keterkaitan Kenampakan Alam Dengan Sosial Dan Budaya. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (350kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (128kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (340kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (298kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (100kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (64kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (111kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Published Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapan Model Pembelajaransnowball Throwing Dalammeningkatkanaktivitasbelajardanhasilbelajarsiswapadamatapelajaran IPS Materiketerkaitankenampakanalam, Sosialdanbudayakelas IV SD Karanganyar 2. Aktivitasbelajarsiswaadalahberbagaiaktivitas Yang Diberikanuntuksiswapadasaatproses Pembelajaranberlangsung. Hasilbelajaradalahperubahan Yang Terjadipadadirisiswadarihasilkegiatanbelajar IPS Yang Telahdilakukan.Kajianmaterinyaadalahkenampakanalamyaituberbagai Bentuk Muka Bumi Yang Terjadi Secara Alamiah.Snowball Throwingadalah Model Pembelajaran Yang Menggunakansegumpalan Bola Saljudilemparkandenganmaksudmemberikanpertanyaanuntukteman Yang Lainnya. Penelitiantindakankelas (PTK) Terdiridari 2 Siklus,Masing-Masingtiapsiklusadalah2 Pertemuan.Setiapsiklusterdiridari 4 Tahapanyaituperencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Danrefleksi.Subjekpenelitianiniadalah 20 Siswakelas IV SD Karanganyar 2 Demak.Teknikpengumpulan Data Yang Digunakanialahobservasi, Wawancara, Dokumentasidantes.Instrumen Yang Digunakanberupa, Lembarpengamatanaktivitassiswa, Tespilihanganda, Danlembarpedomanwawancara.Sedangkananalisis Data Yang Digunakanadalahanalisiskuantitatifdankualitatif. Hasilpenelitianmenunjukanpeningkatanaktivitassiswasiklus I Yaitudenganpersentasesebesar 73,03% Dengankriteriabaikdanmeningkatpadasiklus II Denganpersentasesebesar79,01%Dengankriteriabaik. Dan Hasilbelajar IPS Siswapadamaterikenampakanalam Yang Signifikanyaitupadaranahkognitifsiklus I (60%) Siklus II Menjadi (85%), Ranahafektifsiklus I (72,62%) Menjadi (76,5%) Padasiklus II, Ranahpsikomotoriksiklus I (74,46%) Menjadi (80.09% Padasiklus II. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas Yang Dilakukanpadakelas IV SD Karanganyar 2 Demakdapatdisimpulkanbahwapenggunaan Model Cooperative Tipesnowball Throwing Dapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswapadamatapelajaran IPS Materiketerkaitankenampakanalamdengansosialdanbudayakelas IV.Penelitimenyarankandalampembelajaranmenggunakan Model Pembelajaransnowball Throwing Adalahdenganmeningkatkanaktivitassiswadanhasilbelajar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: : Aktivitasbelajar, Snowball Throwing, Kenampakanalam
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 02 Jul 2016 05:38
Last Modified: 02 Jul 2016 05:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5580

Actions (login required)

View Item View Item