Implementasi Model Example Non-Example Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Gaya Kelas Iv Sd 2 Temulus Mejobo Kudus

Saiful, Muchamat (2015) Implementasi Model Example Non-Example Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Gaya Kelas Iv Sd 2 Temulus Mejobo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (505kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (197kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (640kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (517kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (143kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (177kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (110kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (20MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IVSD 2 Temulus Mejobo Kudus Dengan Implementasi Model Example Non Example Pada Materi Gaya, Mendiskripsikan Aktivitas Siswa Yang Terdiri Dari Aspek Afektif Dan Psikomotorik Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD 2 Temulus Mejobo Kudus Dengan Implementasi Model Example Non-Example Pada Materi Gaya, Dan Mendiskripsikan Peningkatan Keterampilan Guru Kelas IV SD 2 Temulus Mejobo Kudus Dengan Implementasi Model Example Non-Example Untuk Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Materi Gaya. Hasil Belajar Merupakan Sesuatu Yang Dicapai Atau Diperoleh Siswa Berkat Adanyya Usaha Atau Pikiran Yang Dinyatakan Dalam Bentuk Penguasaan, Pengetahuan, Dan Kecakapan Dasar Yang Terdapat Dalam Berbagai Aspek Kehidupan Sehingga Nampak Pada Diri Individu Perubahan Tingkah Laku Secara Kuantitatif. Model Example Non Example Merupakan Model Pembelajaran Yang Menitik Beratkan Pada Pemahaman Terhadap Masalah Yang Dihadapi. Model Ini Mengharuskan Siswa Untuk Berfikir Kritis Dengan Memecahkan Permasalahan-Permasalahan Yang Termuat Dalam Contoh-Contoh Gambar Yang Disajikan. Hipotesis Tindakan Dalam Penelitian Adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non-Example Mampu Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Pada Siswa Kelas IV SD 2 Temulus Mejobo Kudus, Aktivitas Siswa Yang Terdiri Dari Aspek Afektif Dan Psikomotorik Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD 2 Temulus Mejobo Kudus Dengan Implementasi Model Example Non-Example Pada Materi Gaya Meningkat, Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non-Example Mampu Meningkatkan Ketrampilan Guru Belajar IPA Materi Gaya Pada Siswa Kelas IV SD 2 Temulus Mejobo Kudus. Penelitian Tindakan Kelas Dilaksnakan Dikelas IV SD 2 Temulus Dengan Subjek Penelitian 16 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Example Non-Example. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar IPA. Instrumen Penelitian Ini Adalah Wawancara, Observasi, Tes, Dan Dokumentasi. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Pada Materi Gaya Yang Cukup Signifikan Antara Siklus 1 (68%) Dan Siklus 2 (93,75%). Didukung Dengan Peningkatan Aktivitas Belajar IPA Siswa Pada Siklus 1 (62,9%) Dan Siklus 2 (82,95%). Pengelolaan Pembelajaran Guru Mengalami Peningkatan Pada Siklus 1 (90%) Menjadi (96,25%) Pada Siklus 2. Hal Itu Membuktikan Bahwa Implementasi Model Example Non-Example Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Kelas IV SD 2 Temulus. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas IV SD 2 Temulus Dapat Disimpulkan Bahwa Implementasi Model Example Non-Example Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Kelas IV SD 2 Temulus. Untuk Itu Disarankan Dalam Implementasi Model Example Non-Example, Guru Harus Member Pertanyaan-Pertanyaan Yang Mengarah Pada Penemuan Konsep Agar Siswa Dapat Mengembangkan Daya Berpikirnya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing:Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Example Non-Example, Hasil Belajar IPA, Gaya
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 15 Jul 2016 01:22
Last Modified: 15 Jul 2016 01:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5582

Actions (login required)

View Item View Item