Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Model Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Barang Bekas Siswa Kelas Iv Sd 2 Rahtawu Gebog Kudus

YAYUK ENDANG , LISTIANI (2016) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Model Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Barang Bekas Siswa Kelas Iv Sd 2 Rahtawu Gebog Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (438kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (214kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (373kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (447kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (212kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (111kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (187kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan keterampilan guru,aktivitas belajar siswa dan pemahaman konsep pada mata pelajaran matematika materi kubus dan balok kelas IV SD 2 Rahtawu Gebog Kudusdalam menggunakan modelContextual Teaching and Learning berbantuanmediabarang bekas,. Peningkatan pemaham konsep matematika merupakan peningkatan yang dicapai siswa sebagai bukti keberhasilan setelah menerima pengalaman pembelajaran. Contextual Teaching and Learning merupakan konsep belajar yang dapat membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata dan lebih menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari serta dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Media merupakan alat bantu yang dapat dijadikan sebagai perantara atau pengantar informasi belajar yang digunakan oleh guru untuk berkomunikasi dengan siswa.Barang bekas merupakan barang-barang yang bekas pakai dan dapat dimanfaatkan untuk proses pembelajaran.Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning berbantuan media barang bekas dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan pemahaman konsep siswa materi kubus dan balok siswa kelas IV SD 2 Rahtawu Gebog Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksananakan di kelas IV SD 2 Rahtawu dengan subjek penelitian 15 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan media barang bekas. Sedangkan variabel terikatnya yakni pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SD 2 Rahtawu.Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.Analisis data berupa analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan guru pada siklus I mendapat skor rata-rata 2,82 (baik) meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata 3,19 (baik), dengan peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata 2,22 (cukup baik) dan meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata 2,67 (baik). Pemahaman konsep matematika siswa juga meningkat pada siklus I diperoleh skor rata-rata 70,49 dengan persentase ketuntasan 53,33% (sedang) dan meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata 78,73 dengan ketuntasan 80% (sangat tinggi). Hal itu membuktikan bahwa menerapkan model Contextual Teaching And Learning berbantuan media barang bekas dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada matri kubus dan balok kelas IV SD 2 Rahtawu Gebog Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 2 Rahtawu Gebog Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Teaching And Learning berbantuan media barang bekas dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika materi kubus dan balok siswa kelas IV SD 2Rahtawu Gebog Kudus. Adapun saran yang diberikan yakni sebaiknya dalam proses pembelajaran kita dapat mengaitkan materi dengan dunia nyata agar siswa mudah untuk memahami dan lebih aktif dalam belajar dengan memanfaatkan benda dilingkungan sekitar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep matematika, Contextual Teaching And Learning, media barang bekas, kubus dan balok
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 19 Jul 2016 06:53
Last Modified: 19 Jul 2016 06:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5633

Actions (login required)

View Item View Item