The Competence of the Fifth Semester Students of English Education Department the Faculty of Teacher Training and Education The University of Muria Kudus in Academic Year 2011/ 2012 in Employing Cohesion in Writing Narrative, Recount, and Report Texts

Suprihadi, - and Rokhayani, Atik and Kurniati, Diah and Yuliana, Cylvia and Dinari, Irene and Mawarni, Ayu Mita (2012) The Competence of the Fifth Semester Students of English Education Department the Faculty of Teacher Training and Education The University of Muria Kudus in Academic Year 2011/ 2012 in Employing Cohesion in Writing Narrative, Recount, and Report Texts. [Experiment] (Unpublished)

[thumbnail of Sampul]
Preview
PDF (Sampul)
Sampul_1.pdf - Accepted Version

Download (35kB)
[thumbnail of Hal. Judul] PDF (Hal. Judul)
Hal._Judul.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab I] PDF (Bab I)
Bab_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab II] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab VI] PDF (Bab VI)
Bab_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Other (Lampiran)
Lampiran.rar - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Mengingat ketrampilan menulis sangat penting dan telah menjadi ketrampilan yang tidak dapat ditinggalkan di era masyarakat global yang melek huruf seperti sekarang ini, Program Studi Pendidikan Bahsa Inggris, FKIP UMK mengajarkan ketrampilan tersebut secara berjenjang mulai dari menulis kalimat sampai dengan menulis essai, mengajarkan menulis berbagai jenis teks atau genre, termasuk dalam hal ini menulis narrrative, recount, dan report. Oleh karana itu, sangat beralasan bila seharusnya mahasiswa semester V yang telah dilatih menulis berbagai jenis teks kompeten dalam menulis teks narrrative, recount, dan report, yang salah satu indikatornya adalah kemampuan dalam menggunakan kohesi. Pertanyaan yang muncul kemudian adalah: “Sejauh mana kommpetensi mahasiswa semester V Prodi. Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMK tahun akademik 2011/2012 dalam menggunakan kohesi dalam menulis teks narrrative, recount, dan report? Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan perangkat kohesi (cohesive devices) yang digunakan mahsiswa dalam menulis teks narrrative, recount, dan report; 2) mendeskripsikan kompetensi mahasiswa dalam menggunakan kohesi dalam menulis teks narrrative, recount, dan report. Kohesi yang diteliti terdiri. dari 2, yaitu kohesi gramatikal dan kohesi leksikal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriftif kuantitatif. Subjek peneltian adalah mahasiswa semester V Prodi. Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMK tahun akademik 2011/2012 dengan sampel sebanyak 61 mahasiswwa, dengan rincian 26 mahasiswa menulis teks narrative, 15 mahasiswa menulis teks recount, dan 20 mahasiswa menulis teks report. Dari teks yang ditulis oleh mahasiswa tersebut diperoleh data tentang jenis-jenis perangkat kohesi yang digunakan dan dapat dinilai kompetensi mereka dalam menggunakan kohesi dalam menulis teks narrrative, recount, dan report. Dari hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa semua perangkat kohesi diberdayakan oleh mahasiswa dalam menulis teks narrrative, recount, dan report dengan intensitas yang berbeda. Perangkat kohesi gramatikal yang paling dominan digunakan adalah reference (perujukan), sedangkan perangkat kohesi leksikal yang paling banyak digunakan adalah repetition (pengulangan). Sementara itu, kompetensi mahasiswa dalam menggunakan kohesi dalam menulis teks narrrative, recount, dan report berbeda, namun secara umum adalah cukup (sufficient). Kompetensi mereka dalam menullis teks narrative lebih baik dibanding dalam menulis 2 jenis teks yang lain. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, peneliti mengajukan saran-saran sebgai berikut. 1) Karena kemampuan memberdayakan kohesi dapat merupakan salah satu indikator kemampuan mahasiswa dalam berpikir sistematis dan logis dan dalam mengekspresikan ide, maka para dosen diharapkan berupaya mengembangkan dan mengasah daya dan kreativitas nalar para mahasiswa, yang dapat dilakukan dengan melatih dan memberdayakan mereka menulis diari, surat pribadi, dan analisis terhadap berbagai peristiwa yang ada. 2) Baik dosen maupun mahasiswa disarankan melakukan refleksi dengan berfokus pada kesalahan-kesalahan yang dibuat mahasiswa. 3) Untuk penelitian berikutnya disarankan agar: a) diteliti kompetensi mahasiswa dalam menggunakan kohesi dalam menulis jenis teks selain narrrative, recount, dan report; b) dilakukan eksperimen untuk mendapatkan cara yang terbaik dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menulis. 4) Perlu pula diteliti penyebab mahasiswa lebih kompeten dalam menulis teks narrrative dibanding menulis recount dan report.

Item Type: Experiment
Kata Kunci: cohesion, competence, narrative, recount, report
Subjects: Bahasa dan sastra > Filologi. Linguistik. > Bahasa. Teori linguistik. Tata Bahasa. > Pembelajaran bahasa
Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Bahasa dan sastra > Filologi. Linguistik. > Bahasa. Teori linguistik. Tata Bahasa. > Gaya. Komposisi. Retorik
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2012 08:25
Last Modified: 12 Dec 2012 08:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/565

Actions (login required)

View Item View Item