PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD 1 WONOSOCO

Handoyo, - (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD 1 WONOSOCO. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal_Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (855kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (934kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (853kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (831kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Mendeskripsikan Penerapan Model Problem Solving Dan Menemukan Peningkatan Keterampilan Siswa Dalam Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV SD 1 Wonosoco. Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Merupakan Salah Satu Jenis Keterampilan Bahasa Yang Harus Dikuasai Oleh Siswa. Menulis Merupakan Suatu Keterampilan Mendasar Yang Harus Dimiliki Siswa. Karangan Deskripsi Merupakan Suatu Karangan Yang Bertujuan Menggambarkan Atau Memaparkan Suatu Objek Dan Suasana Yang Nyata Kepada Pembaca. Problem Solving Merupakan Salah Satu Dasar Teoritis Dari Berbagai Strategi Pembelajaran Yang Menjadikan Masalah Sebagai Isu Utamanya. Penelitian Tindakan Kelas Ini Dilaksanakan Di Kelas IV SD 1 Wonosoco Dengan Subjek Penelitian Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Problem Solving. Variabel Terikat Adalah Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Teknik Wawancara, Observasi, Tes, Dan Dokumentasi. Analisis Data Yang Digunakan Merupakan Analisis Data Kualitatif Dan Kuantitatif. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Ketuntasan Nilai Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Diterapkan Model Problem Solving Yang Cukup Signifikan Antara Siklus I (35,71%), Dan Siklus II (85,71%), Didukung Dengan Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Siklus I 68,36% (Baik), Dan Siklus II 71,93% (Baik), Dan Juga Didukung Dengan Keterampilan Mengajar Guru Pada Siklus I 86,11% (Sangat Baik) Menjadi 88,88% (Sangat Baik). Hal Itu Membuktikan Bahwa Penerapan Model Problem Solving Dapat Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Kelas IV SD 1 Wonosoco. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas IV SD 1 Wonosoco Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Problem Solving Dapat Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Kelas IV SD 1 Wonosoco. Selanjutnya, Peneliti Memberikan Saran Kepada Siswa Untuk Bersungguh-Sungguh Dalam Kegiatan Pembelajaran Dan Berlatih Menulis Terus-Menerus Untuk Menghasilkan Tulisan Yang Baik. Bagi Guru Model Problem Solving Dapat Dijadikan Refrensi Dalam Pembelajaran, Khususnya Bahasa Indonesia. Bagi Sekolah Hendaknya Menyediakan Sarana Dan Prasarana Yang Diperlukan Untuk Proses Memperlancar Proses Pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing : Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: Problem Solving, Keterampilan Menulis, Karangan Deskripsi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 20 Jul 2016 06:13
Last Modified: 20 Jul 2016 06:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5654

Actions (login required)

View Item View Item