The Writing Ability Of Narrative Text Of The Tenth Grade Students Of Smk Wisudha Karya Kudus In The Academic Year 2014/2015 By Using Clustering Technique

Astuti, Widi (2015) The Writing Ability Of Narrative Text Of The Tenth Grade Students Of Smk Wisudha Karya Kudus In The Academic Year 2014/2015 By Using Clustering Technique. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
SKRIPSI_BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
SKRIPSI_BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
SKRIPSI_BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
SKRIPSI_BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
SKRIPSI_BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
SKRIPSI_BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
BIPGRAPHY.pdf - Accepted Version

Download (636kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
APPENDICES.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Menulis adalah keterampilan bahasa inggris yang harus dimengerti oleh para siswa selain mendengarkan, berbicara, dan membaca. Menulis adalah proses komplek yang mengharuskan penulis untuk memperbanyak pemikiran dan ide yang membuat ide-ide itu menjadi nyata. Dalam belajar bahasa inggris, murid-murid mengalami kesulitan khususnya menulis teks narrative. Guru bahasa inggris harus lebih kreatif untuk memilih jenis tehnik dalam menulis. Tehnik Clustering adalah salah satu tehnik mengajar yang dapat diterapkan guru bahasa inggris dalam mengajar menulis karena clustering merupakan langkah kegiatan sebelum menulis yang dapat digunakan siswa untuk membangun, mengorganisasi, dan mengumpulkan ide-ide dari hasil akhir menulis bisa lebih mudah menggunakan bundaran dan garis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan perbedaan antara mengajar menulis teks narrative pada siswa kelas X SMK Wisudha Karya Kudus tahun ajaran 2014/2015 sebelum dan sesudah menggunakan tehnik Clustering. Rancangan dari penelitian ini adalah penelitian experimental quasi. Eksperimen dari penelitian ini menggunakan pre dan post test. Populasi dari penelitian adalah siswa kelas X SMK Wisudha Karya Kudus tahun ajaran 2014/2015. Dalam mengambil sample, penulis menggunakan tehnik cluster random sample. Penulis mendapatkan kelas X-NKN dengan jumlah 31 siswa sebagai sample. Hasil dari penelitian menunjukkan kemampuan menulis teks Narrative pada siswa kelas X SMK Wisudha Karya Kudus tahun ajaran 2014/2015 sebelum menggunakan Tehnik Clustering dikategorikan “cukup”. Ditunjukkan dengan nilai tertinggi adalah 79, nilai terendah 40, rata-rata 63.09 dan standart deviasi 9.95. sedangkan kemampuan menulis teks Narrative pada siswa kelas X SMK Wisudha Karya Kudus tahun ajaran 2014/2015 sesudah menggunakan Tehnik Clustering dikategorikan “baik”. Ditunjukkan dengan nilai tertinggi adalah 91, nilai terendah 62, rata-rata 75.8 dan standart deviasi 6.16. Dan penghitungan dari t-observasi (t0) adalah 6.33 dan tingkat perbedaan 0.05 dan t-table (tt) adalah 2.04. Berdasarkan uraian di atas, penulis menyarankan Guru Bahasa Inggris untuk mendapatkan manfaat dari tehnik Clustering yang dapat membantu siswa untuk menulis teks narrative pada tahap sebelum menulis. Hal itu membuat pembelajaran bahasa inggris menjadi menyenangkan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing; Dr. Drs. Slamet Utomo, M.Pd
Kata Kunci: Mengajar Menulis, Clustering Technique
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 27 Jul 2016 03:22
Last Modified: 27 Jul 2016 03:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5738

Actions (login required)

View Item View Item