The Use Of Scissors, Rock, And Paper (Srp) Game To Improve Students’ Mastery Of Vocabulary (A Classroom Action Research Of The Fifth Grade Students Of Sd 3 Cendono Dawe Kudus In The Academic Year 2015/2016)

Meilani, Rika (2015) The Use Of Scissors, Rock, And Paper (Srp) Game To Improve Students’ Mastery Of Vocabulary (A Classroom Action Research Of The Fifth Grade Students Of Sd 3 Cendono Dawe Kudus In The Academic Year 2015/2016). Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (791kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (253kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (265kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (500kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (418kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (210kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (237kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (131kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Kosakata adalah salah satu elemen bahasa yang harus dikuasai oleh pembelajar bahasa karena tanpa menguasai kosakata, pembelajar akan mendapatkan masalah didalam mempelajari bahasa. Mengajar kosakata disekolah dasar itu tidak mudah karena siswa sulit untuk mengahafal kosakata baru. Kondisi tersebut juga terjadi SD 3 Cendono Dawe Kudus dan siswa mempunyai kemampuan rendah dalam menguasai kosakata. Setelah menganalisa permasalahan tersebut, penulis berasumsi bahwa dengan menggunakan teknik pengajaran yaitu permainan Scissors, rock, and paper (SRP) untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan apakah pengajaran kosakata menggunakan permainan scissors, rock, and paper dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa pada siswa kelas lima di SD 3 Cendono Dawe Kudus tahun ajaran baru 2015/2016 melalui permainan Scissors, rock, and paper (SRP). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penulis melakukan dua siklus. Yang terdiri dari empat tahapan, diantaranya adalah rencana, penerapan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas lima SD 3 Cendono Dawe Kudus tahun ajaran 2015/2016. Instrumen yang digunakan didalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Dalam setiap siklus, terdapat peningkatan aktivitas siswa pengajaran bahasa Inggris menggunakan permainan Scissors, Rock, and Paper (SRP). Pada siklus 1, terdapat banyak siswa yang tidak cukup aktif didalam proses belajar mengajar. Ada beberapa siswa yang hanya diam dan berbicara dengan teman-temannya ketika guru berbicara dan memberikan pertanyaan. Pada siklus 2, hampir semua siswa aktif ketika guru meminta siswa melihat gambar yang berhubungan dengan materi dan memberikan respon yang baik kepada guru ketika menjelaskan materi. Hasil tes penguasaan kosakata siswa meningkat dari pre-siklus sampai siklus 2. Pada pre-siklus, nilai rata-rata penguasaan kosakata Bahasa Inggris adalah 57.5 sebagai kategori cukup. Pada siklus 1, nilai rata-rata penguasaan kosakata Bahasa Inggris adalah 72.25 sebagai kategori baik dan pada siklus 2 nilai rata-rata penguasaan kosakata Bahasa Inggris adalah 87,5 sebagai kategori unggul. Dengan begitu, penulis memberikan beberapa saran. Penulis menyarakan kepada guru, agar dapat mengontrol kelas dengan baik ketika proses belajar mengajar dan guru harus dapat memberikan motivasi untuk membuat siswa lebih aktif didalam kelas. Permainan Scissors, Rock, and Paper (SRP) dapat digunakan sebagai teknik mengajar alternatif untuk mengajar bahasa Inggris kepada siswa untuk meningkatkan kosakata. Dalam penerapan permainan Scissors, Rock, and Paper (SRP) tersebut menuntut siswa untuk aktif, sehingga disarankan agar guru bahasa Inggris menggunakan petunjuk dan media yang menarik untuk siswa ketika proses belajar mengajar, sehingga siswa dapat menikmati belajar bahasa Inggris

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Dra. Sri Endang Kusmaryati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: : “permainan Scissors, rock, and paper (SRP)”, Penguasaan kosakata, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 27 Jul 2016 04:08
Last Modified: 27 Jul 2016 04:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5745

Actions (login required)

View Item View Item