The Readability Level Of “Buku Sekolah Elektronik (Bse)Bahasa Inggris Kelas Xi” Textbook For Senior High School

Handayani, Hafizh Dwi (2015) The Readability Level Of “Buku Sekolah Elektronik (Bse)Bahasa Inggris Kelas Xi” Textbook For Senior High School. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HAL._JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (684kB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (236kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Membaca sebagai suatu kegiatan untuk memahami teks, itu sangat perlu untuk dilakukan. Melalui membaca, orang bisa mendapatkan banyak informasi, terutama informasi yang ditulis dan juga dapat meningkatkan pengetahuan pembaca. Salah satu kriteria untuk buku teks yang baik adalah kelayakan isi/ materi. Keterbacaan adalah tingkat kesulitan dari teks bacaan. Hal ini penting untuk menganalisis tingkat keterbacaan teks karena keterbacaan dapat digunakan untuk mengukur apakah teks sesuai untuk tingkat siswa tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterbacaan pada teks bacaan pada buku bahasa Inggris untuk SMA berjudul "Buku Sekolah Elektronik (BSE) Bahasa Inggris Kelas XI" dengan sub tujuan dari penelitian ini sebagai berikut: (1) apakah teks bacaan di buku dapat dibaca untuk siswa kelas XI berdasarkan Fry Grafik (3) apakah teks bacaan dalam buku dapat dibaca untuk siswa kelas XI berdasarkan Rumus Keterbacaan SMOG. Ini adalah penelitian kualitatif dan dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penulis akan mengambil semua teks bacaan dalam buku bahasa Inggris di semester pertama berjudul "Buku Sekolah Elektronik (BSE) Bahasa Inggris Kelas XI" dan menganalisis data dengan menggunakan Fry Graph dan Rumus Keterbacaan SMOG. Dengan menggunakan Fry Graph, hasil penelitian menunjukkan tingkat kelas keterbacaan teks berjudul "Ikan yg Mempesona" adalah 6, untuk teks "Bullying: Sebuah Kanker yang Harus Dibasmi" adalah 11, untuk teks "Presiden Indonesia" adalah 11, dan untuk teks "Surat untuk Tuhan" adalah 7. Ini berarti bahwa ada dua teks yg berada di kelas 11 yang cocok untuk dibaca oleh beberapa orang dewasa, untuk teks di kelas 6 berarti dibaca oleh kebanyakan orang dewasa, dan untuk teks di kelas 7 berarti dibaca oleh setengah atau lebih orang dewasa. Sementara dengan menggunakan Rumus Keterbacaan SMOG, tingkat kelas keterbacaan teks berjudul " Ikan yg Mempesona" adalah 7, untuk teks "Bullying: Sebuah Kanker yang Harus Dibasmi" adalah 11, untuk teks "Presiden Indonesia" adalah 11, dan untuk teks "Surat untuk Tuhan" adalah 8. Ini berarti bahwa ada dua teks cocok untuk SMA, terutama siswa kelas sebelas. Teks dalam kelas 7, itu berarti bahwa cocok untuk SMP, terutama siswa kelas tujuh. Teks dalam kelas 8, berarti cocok untuk SMP, terutama siswa kelas delapan. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan Fry Graph dan Rumus Keterbacaan SMOG, penulis dapat menafsirkan bahwa semua teks dapat dibaca oleh siswa kelas XI. Berdasarkan hasil tersebut, penulis menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris harus mempersiapkan dan memilih bahan ajar dengan baik, tidak hanya dari satu buku, tetapi juga dari sumber lain.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing; Rismiyanto, SS, M.Pd
Kata Kunci: Tingkat Keterbacaan, buku, Fry Grafik, Rumus Keterbacaan SMOG
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 27 Jul 2016 06:27
Last Modified: 27 Jul 2016 06:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5762

Actions (login required)

View Item View Item