Improving The Students’ Mastery Of Simple Past Tense By Using Climbing Grammar Mountain Game For The Students Of Class Viii E Of Mts Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati In Academic Year 2014/2015 (A Classroom Action Research)

Handayani, Suci (2015) Improving The Students’ Mastery Of Simple Past Tense By Using Climbing Grammar Mountain Game For The Students Of Class Viii E Of Mts Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati In Academic Year 2014/2015 (A Classroom Action Research). Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (375kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (382kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (545kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (861kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (360kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (226kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (324kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Belajar bahasa berarti belajar menggunakan bahasa itu untuk berkomunikasi dengan baik dalam bentuk lisan (mendengar, berbicara) dan tertulis (membaca, menulis). Tata bahasa memiliki peran penting dalam komunikasi. Ini adalah komponen penting untuk membentuk kata-kata dan membangun kalimat bahasa Inggris. Bahkan, ada banyak siswa dari delapan kelas terutama siswa kelas VIII E MTs Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati yang masih memiliki masalah dalam tata bahasa belajar khususnya simple past tense. Mereka adalah sebagian besar siswa yang tidak tertarik untuk belajar tata bahasa, mereka merasa bosan ketika belajar dan mereka masih punya skor di bawah KKM. Fakta menunjukkan bahwa ada banyak siswa dari siswa kelas delapan terutama siswa kelas VIII E MTs Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati yang masih memiliki kemampuan di bawah penguasaan tata bahasa. Mereka dapat memberikan nama tata bahasa (rumus grammar) tetapi mereka belum dapat menerapkan tata bahasa yang baik. Dengan kata lain, dalam proses belajar mengajar mereka terlalu takut bertanya kepada guru ketika mereka menemukan beberapa kesulitan. Oleh karena itu, peneliti mengusulkan Climbing Grammar Gunung permainan sebagai teknik pengajaran untuk memecahkan masalah siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah permainan Climbing Grammar Gunung dapat meningkatkan penguasaan masa lalu yang sederhana tegang siswa kelas VIII E MTs Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati pada tahun akademik 2014/2015 . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas . Penelitian ini dilakukan di MTs Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati , sedangkan subjek adalah siswa kelas VIII E dari Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati yang terdiri dari 38 siswa . Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus . Ada dua pertemuan di setiap siklus yang terdiri dari empat tahap , yaitu : perencanaan , tindakan , observasi, dan refleksi . Dalam penelitian ini , ada dua instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan datayaitu lembar observasi dan tes. Berdasarkan temuan penelitian ini , nilai rata-rata siswa meningkat dari 66,2 pada siklus 1 persentase berubah menjadi 66,2 % untuk 77,5 pada siklus 2 persentase berubah menjadi 77,5 % . Dari data di atas , kategori skor rata-rata siswa penguasaan masa lalu yang sederhana tegang di siklus 1 sudah cukup , sedangkan kategori skor rata-rata siswa penguasaan simple past tense dalam siklus 2 adalah baik . Pada siklus 1 , guru tidak menerapkan teknik yang baik karena guru masih bingung tentang langkah-langkah menerapkan teknik dan ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan guru dengan baik sehingga mereka tidak percaya diri dan masih bingung ketika mereka mengerjakan tes. Sementara di siklus 2 , proses belajar mengajar lebih efektif dari sebelumnya. Guru membuat siswa untuk mengetahui perbedaan kalimat nominal dan verbal sederhana lampau dengan menggunakan Climbing Grammar Gunung sebagai teknik proses belajar mengajar dengan baik . Kemudian guru meminta kepada siswa untuk menemukan Subyek , kata kerja / tobe , objek dan keterangan dalam kalimat . Ini mendorong siswa untuk lebih aktif selama pelaksanaan Climbing Grammar Gunung proses belajar mengajar . Guru juga bisa mengontrol siswa , sehingga sebagian besar siswa memperhatikan guru dengan baik. Dalam pertemuan terakhir , para siswa dapat lebih memahami materi dan teknik . Dalam pengujian , para siswa mengerjakan tes tertulis dengan lebih baik . Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa permainan Climbing Grammar Mountain dapat meningkatkan penguasaan simple past tense siswa kelas VIII E MTs Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati Tahun Ajaran 2014/2015 .Dari fakta di atas , peneliti memberikan saran kepada guru Bahasa Inggris untuk menerapkan permainan Climbing Grammar Mountain dalam proses belajar mengajar untuk memecahkan masalah siswa. Jadi guru dapat menerapkan teknik ini sebagai teknik pengajaran untuk membuat siswa lebih tertarik dalam proses belajar mengajar simple past tense.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Dr. Drs. Slamet Utomo, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Simple past tense, Climbing Grammar Mountain game, kelas VIII E
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 29 Jul 2016 07:55
Last Modified: 29 Jul 2016 07:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5831

Actions (login required)

View Item View Item