Upaya Meningkatkan Ketrampilan Belajar Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas V Sd 4 Getas Pejaten Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015

Nugroho, Rizaldi Tri (2015) Upaya Meningkatkan Ketrampilan Belajar Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas V Sd 4 Getas Pejaten Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HAL_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (736kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (787kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (649kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (28kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi atau pengamatan peneliti terhadap siswa pada hari senin tanggal 1-5 Desember 2014 ketika jam istirahat, dan wawancara dengan wali kelas pada jam 10.30-12.00 WIB pada siswa kelas V SD 4 Getas Pejaten Kudus Tahun Ajaran 2014/2015 mempunyai ketrampilan belajar yang rendah seperti: siswa kurang percaya diri, siswa selalu bergantung pada orang lain, siswa belum mampu berinisiatif sendiri, ada siswa yang kurang bertanggung jawab, siswa belum mampu berpikir logis dalam mengarahkan tujuan belajar, siswa kurang beradaptasi pada lingkungan, dan siswa kurang kreatif dalam belajar. Adapun rumusan masalahnya “Bagaimanakah Penerapan Layanan Penguasan Konten Dengan Teknik simulasi Untuk Meningkatkan Ketrampilan belajar Pada Siswa Kelas V SD 4 Getas Pejaten Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015”?. Tujuan penelitian ini adalah Diperolehnya Peningkatan Ketrampilan Belajar Siswa Melalui Penerapan Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas V SD 4 Getas Pejaten Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini mengkaji teori-teori yang berhubungan dengan peningkatan ketrampilan belajar melalui layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi. Kajian teori dalam penelitian ini mencakup materi yang berkaitan dengan ketrampilan belajar yaitu: cara meningkatkan ketrampilan belajar, cara meningkatkan konsentrasi, cara membuat ringkasan yang baik, cara mempersiapkan diri untuk menghadapi tes/ujian, upaya meningkatkan minat belajar, dan upaya meningkatkan pemahaman pada siswa. Layanan penguasaan konten yaitu: layanan untuk menguasai kemampuan tertentu melalui belajar. Tenik simulasi adalah suatu teknik yang digunakan dalam membuat keputusan dengan mengevaluasi perilaku model pada kondisi yang berlainan. Simulasi adalah perangkat uji coba yang menghasilkan solusi-solusi yang hampir optimal yang dapat mempresentasikan sistem secara menyeluruh. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Adanya peningkatan Ketrampilan Belajar Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas V SD 4 Getas Pejaten Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini didesain dengan menggunakan penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling PTK BK dengan jumlah subjek 15 siswa, terdiri dari siswa perempuan 8 dan 7 siswa laki-laki. Pengumpulan data pada penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling berjudul “Upaya Meningkatkan Ketrampilan Belajar Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas V SD 4 Getas Pejaten Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015”. Dengan dilakukan beberapa metode pengumpul data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi pada siswa Kelas V SD 4 Getas Pejaten Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015, dalam meningkatkan ketrampilan belajarnya mengalami peningkatan.hal ini terbukti dengan hasil yang diperoleh dari setiap observasi yang dilakukan sebelum observasi dan pada observasi siklus I dan siklus II. Dari hasil Pada Pra Siklus mendapat hasil rata-rata 22,93 (Kurang) pada Siklus I pertemuan 1-3 mendapat hasil rata-rata 31,98 (Baik). Sedangkan pada Siklus II pertemuan 1-3 mendapatkan hasil rata-rata 39,84 (Baik). Dari Siklus I ke Siklus II terjadi peningkatan sebesar 7,86%. Dari hasil tersebut bisa dilihat adanya peningkatan dari hasil pra siklus, siklus I dan siklus II. Dengan demikian layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi dapat meningkatkan ketrampilan belajar siswa. Simpulan hasil penelitian layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi dapat meningkatkan ketrampilan belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari observasi siswa bahwa kemampuan membaca dari pra siklus sampai siklus I dan siklus II mengalami peningkatan dari hasil dalam kategori kurang menjadi baik. Saran yang diberikan kepada 1) Kepala Sekolah, 2) Bagi Guru BK, 3) Bagi Siswa, 4) Bagi Orang Tua, dan 5) Bagi Peneliti Berikutnya. Diharapkan mampu untuk mengembangkan dan menerapkan layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi pada penanganan permasalahan yang sejalan dengan permasalahan topik yang sama.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing; Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons
Kata Kunci: Ketrampilan Belajar, Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Simulasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 04 Aug 2016 04:10
Last Modified: 04 Aug 2016 04:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5916

Actions (login required)

View Item View Item