Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dalam Kelas Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Metode Focus Group Discussion Smpn 2 Margorejo Pati

N.I, Subhan (2016) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dalam Kelas Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Metode Focus Group Discussion Smpn 2 Margorejo Pati. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (839kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (200kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (294kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (606kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (227kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (179kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (188kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Mendiskripsikan kemampuan berbicara siswa dalam kelas sebelum dan sesudah mendapatkan layanan penguasaan konten dengan metode focus group discussion. 2. Diperolehnya peningkatan kemampuan berbicara dalam kelas pada siswa kelas VIII-D SMPN 2 Margorejo Pati tahun Pelajaran 2014/2015. Teori yang digunakan meliputi teori keterampilan public speaking dan teori layanan penguasaan konten dengan metode focus group discussion. Keterampilan public speaking adalah kecapakan dalam berbicara di depan umum/public dalam menyampaikan dan memberikan informasi tentang suatu hal dengan lisan, dengan tujuan mempengaruhi, mengajak, mendidik, mengubah opini. Penguasaan konten dengan metode focus group discussion adalah layanan bimbingan dan konseling yang diberikan ke siswa dalam mengembangkan diri berkenaan dengan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, dengan memberi konten tertentu dan mendiskusikan agar konten dapat dipahami dengan mudah. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “layanan penguasaan konten metode focus group discussion dapat meningkatkan kemampuan public speaking pada siswa kelas VIII-D SMPN 2 Margorejo Pati Tahun Pelajaran 2014/2015”. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah apabila ada peningkatan dari aspek keterampilan public speaking siswa minimal 68% dalam kategori baik.. Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan Konseling ini terdiri dari 2 siklus dengan tiap siklus terdiri dari; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dan tiap siklus terdiri 3 pertemuan. Subjek yang diteliti sebanyak 36 siswa kelas VIII-D SMPN 2 Margorejo Pati Tahun Pelajaran 2014/2015.Variable penelitian: Layanan penguasaan konten dengan metode focus group discussion (variable bebas) dan keterampilan public speaking (variabel terikat). Metode pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dari 36 siswa kelas VIII-D dalam pra siklus memperoleh skor rata-rata 6.72 persentase 27% dengan kategori sangat kurang. Pada siklus I mendapat skor rata-rata 13 persentase 52% dengan kategori cukup. Pada siklus II mendapat skor rata-rata 18.72 persentase 74.89% dengan kategori baik. Berdasarkan pembahasan dan analisis hasil di atas, pra siklus memperoleh persentase 27%. Dalam siklus I memperoleh persentase 52% terjadi peningkatan sebesar 25% dibanding hasil pra siklus. Dalam siklus II memperoleh persentase 74.89% terjadi peningkatan sebesar 22.89% dibanding hasil siklus I. Jadi hipotesis yang menyatakan: 1). Pelaksanaan layanan penguasaan konten dengan metode focus group discussion (FGD) dapat meningkatan kemampuan berbicara dalam kelas (baik sebelum dan sesudah) pada siswa kelas VIII-D SMPN 2 Margorejo Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. 2). Layanan penguasaan konten dengan metode focus group discussion (FGD) dapat meningkatkan kemampuan berbicara dalam kelas pada siswa kelas VIII-D SMPN 2 Margorejo Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Dapat diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan. Saran diberikan kepada: 1). Kepala Sekolah: Diharapkan kepala sekolah memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung agar program layanan bimbingan dan konseling dapat berjalan dengan dengan baik. 2). Konselor sekolah: Diharapakan agar konselor sekolah memberikan layanan penguasaan konten secara intensif dan pemberian layanan penguasaan konten sesuai dengan kebutuhan siswa agar dapat mengembangkan potensi belajar secara maksimal khususnya kemampuan berbicara dalam kelas. 3). Bagi Guru: Diharapkan agar guru dalam mengajar menggunakan metode yang lebih kreatif agar siswa lebih antusias dalam berpendapat/bertanya dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas.4) Bagi Siswa: Diharapkan memotivasi siswa untuk mampu meraih prestasi belajar yang tinggi

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Dra. Sutarti, SE., MM
Uncontrolled Keywords: Public speaking, Layanan penguasaan konten, Focus group discussion
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 04 Aug 2016 04:19
Last Modified: 04 Aug 2016 04:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5918

Actions (login required)

View Item View Item