Meningkatkan Kesadaran Diri Bersopan Santun Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Pada Siswa Xi Tkrsmk Kesuma Margoyosopati Tahun Pelajaran 2015/2016

Rianti, Riris (2016) Meningkatkan Kesadaran Diri Bersopan Santun Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Pada Siswa Xi Tkrsmk Kesuma Margoyosopati Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (263kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (367kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (709kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (216kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (167kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (98kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitianinibertujuan 1.mendeskripsikanupayameningkatkankesadarandiribersopansantunsebelumsebelumdiberiLayananBimbinganKelompokdenganTekniksosiodramapadasiswakelas XI TKR SMK KesumaMargoyosoPati. dan 2. meningkatkankesadarandiridalambersopansantunmelaluilayananbimbingankelompokdengantekniksosiodramapadasiswakelas XI TKR SMK KesumaMargoyosoPati. Kesadarandiribersopansantunadalahmerupakanupayauntukmemperbaikidiridalambersopansantunterhadap orang-orang disekitar agar terjalinhubungan yang akrab, salingpengertian, hormat-menghormati.Bimbingankelompokmerupakanlayanandalambimbingandankonseling yang digunakanuntukmembantuberkembangnyaindividudalamkemampuanberkomunikasisehinggaindividudapatmenghargaipendapatdari orang lain.Laludalammelakukanlayananbimbingankelompok, penelitimenggunakantekniksosiodrama.Tekniksosiodramamerupakanteknikdimanasiswamendramatisasikanpermasalahan-permasalahansosial yang sedangmerekaalami.Hipotesispenelitianadalahlayananbimbingankelompokdengantekniksosiodramadapatmeningkatkankesadarandiribersopansantunsiswakelas XI TKR SMK KesumaMargoyosoPati 2015/2016 Jenispenelitian yang digunakanolehpenelitiadalahpenelitianTindakanBimbingandanKonselingdenganmenggunakanduasiklus, tahapantiapsiklusmeliputiperencanaan, pelaksanaan, pengamatandanrefleksi. Subyekpenelitianyakni 10 siwa.PenelitianTindakanBimbingandanKonselinginiakandilaksanakan di kelas XI TKR SMK KesumaMargoyosoPatiPati yang memilikikesadarandiribersopansantunkurang. Sedangkanmetodepengumpulan data yang digunakanolehpenelitiadalahmetodeobservasi, metodewawancara, danmetodedokumentasi.Analisis data yang digunakanmerupakanjenisdeskripsikualitatif. Hasil penelitian dari pra siklus, siklus I ke siklus II terbukti bahwa kesadaran dirisiswaterhadap sopan santun mengalami peningkatan.Pada pra siklusmemperoleh hasil rata-rata skor34 masuk kategori sangat kurang.Pada siklus I memperoleh hasil rata-rata skor50,6masuk kategori kurang.Pada siklus II memperoleh hasil rata-rata skor 69,7. Sehingga peningkatan aktifitas siswa dalam layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodramamengalami peningkatan dari siklus I ke silus II mengalami peningkatan sebesar (16,6%). Jadi peningkatan kesadaran diri dalam bersopan santun dari pra siklus sampai siklus II sebesar (35,7%). Berdasarkan pembahasan dan analisis, dapat disimpulkan bahwa 1. layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan kesadaran diri bersopan santun pada siswa kelas XI SMK Kesuma Margoyoso Pati tahun pelajaran 2014/2015, 2. Kesadaran diri dalam bersopan santun dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok demgan teknik sosiodrama pada siswa kelas XI SMK Kesuma Margoyoso Pati tahun pelajaran 2014/2015. Dapat diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan dengan jumlah peningkatan dari pra siklus memperoleh rata-rata 17 dengan skor 34% dan siklus II rata-rata 38,4 dengan prosentase 69,7% mengalami peningkatan 30,7%. Untuk itu disarankan kepada: saran kepada:1. Bagi Kepala sekolah sebagai acuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif dalam rangka meningkatkan kesadaran diri bersopan santun siswa, agar para siswa tidak melakukan prilaku yang tidak sopan pada jam bebas disekolah dan dapat dijadikan sebagai kontribusi menentukan kebijakan dalam meningkatkan mutu bimbingan dan konseling khususnya dalam pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama.2.Bagi guru BK diharapkan konselor sekolah memberikan layanan bimbingan kelompok yang berkaitan dengan kesadarandiri dalam bersopan santun agar siswa lebih bersikap santun. 3.Bagi siswa sebagai bahan acuan bagi siswa agar mampu mengubah sikap dari kebiasaannya yang tidak baik menjadi lebih baik dan siswa berusaha semaksimal mungkin memperbaiki sikap sopan santun tersebut melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Drs. masturi., MM
Uncontrolled Keywords: KesadarandiriSopanSantun, LayananBimbinganKelompokdenganTeknikSosiodrama
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 04 Aug 2016 05:55
Last Modified: 04 Aug 2016 05:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5920

Actions (login required)

View Item View Item