Peningkatan Kemampuan Menentukan Jurusan Diperguruan Tinggi Melalui Layanan Penguasaan Konten Media Mind Map Pada Siswa Kelas Xi Tp3 Smk Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015

Purwati, Anik (2016) Peningkatan Kemampuan Menentukan Jurusan Diperguruan Tinggi Melalui Layanan Penguasaan Konten Media Mind Map Pada Siswa Kelas Xi Tp3 Smk Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (3MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (295kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (532kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (102kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (102kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dalam penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan menentukan jurusan masuk perguruan tinggi sebelum dan sesudah penerapan layanan penguasaan konten pada siswa kelas XI TP3 SMK Wisudha Karya Tahun Pelajaran 2014/2015. penelitian mengungkap kemampuan menentukan jurusan masuk perguruan tinggi pada siswa kelas XI TP3 SMK Wisudha Karya melalui layanan penguasaan konten dengan teknik Mind Map Tahun Pelajaran 2014/2015. Perguruan tinggi mempunyai pengertian pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi daripada pendidikan menengah di jalur pendidikan sekolah. Perguruan Tinggi di sini adalah tingkatan universitas yang terdiri atas sejumlah fakultas yang menyelenggarakan pendidikan akademik atau profesional dalam sejumlah disiplin ilmu tertentu. Layanan penguasaan konten merupakan layanan bimbingan dan konseling yang memusatkan terhadap pemberian bantuan kepada individu atau peserta didik (sendiri atau dalam kelompok), bertujuan pengembangan diri yang berkaitan dengan belajar, sehingga mempunyai kemampuan atau kompetisi tertentu dalam kegiatan belajar. Mind map diartikan sebagai proses memetakan pikiran untuk menghubungkan konsep-konsep permasalahan tertentu dari cabang-cabang sel saraf membentuk korelasi konsep menuju pada suatu pemahaman dan hasilnya dituangkan langsung di atas kertas dengan animasi yang disukai dan gampang dimengerti oleh pembuatnya. Hipotesis dalam penelitian ini: 1. Layanan penguasaan dengan media Mind Map dapat meningkatkan kemampuan pada pemilihan jurusan pada perguruan tinggi siswa kelas XI TP3 SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. 2. Kemampuan menentukan jurusan di perguruan tinggi dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten dengan media mind map. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini penelitian PTK-BK melalui prosedur tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap (2 siklus). Siswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TP3 SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kuantitatif secara deskriptif. Hasil peneliti siklus I 29,08 (58%) kategori (Cukup), siklus II 42,67 (85%) katgori (sangat baik). Peningkatan kemampuan menentukan jurusan di perguruan tinggi pada pra siklus 34% ke siklus II 85% sebesar 51%. Jadi hipotesis yang berbunyi: 1. Layanan penguasaan dengan media Mind Map dapat meningkatkan kemampuan pada pemilihan jurusan pada perguruan tinggi siswa kelas XI TP3 SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Terbukti karena telah mencapai indikator keberhasilan. 2. Kemampuan menentukan jurusan di perguruan tinggi dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten dengan media mind map. Terbukti karena telah mencapai indikator keberhasilan. Berdasarkan temuan di lapangan, peneliti menyampaikan saran sebagai berikut: 1. Kepala sekolah: Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten media mind map sangat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menentukan jurusan di perguruan tinggi siswa, dengan adanya dampak positif dari layanan penguasaan konten diharapkan kepala sekolah dapat mendukung adanya layanan penguasaan konten di SMK Wisudha Karya Kudus. 2. Guru pembimbing: Diharapkan guru pembimbing dapat memaksimalkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah, terutama layanan penguasaan konten. Agar pelayanan bimbingan dan konseling dapat membantu meningkatkan kemampuan menentukan jurusan di perguruan tinggi melalui layanan penguasaan konten. 3. Siswa: Diharapkan siswa mampu memahami bakat dan minat, potensi diri dan cita-cita serta perencanaan karir untuk dapat dijadikan acuan dalam menentukan pemilihan pendidikan lanjutan di perguruan tinggi. 4. Peneliti berikutnya: Diharapkan peneliti selanjutnya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai acuan untuk memperluas aspek penelitian yang berkaitan dengan kemampuan menentukan jurusan di perguruan tinggi dan penerapan layanan penguasaan konten media mind map yang lebih baik lagi di kemudian hari.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Gudnanto, S.Pd., M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Menentukan Perguruan Tinggi, Layanan Penguasaan Konten, Mind Map
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 04 Aug 2016 08:42
Last Modified: 04 Aug 2016 08:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5926

Actions (login required)

View Item View Item