Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Metode Brainstorming Di Smp 2 Bae Kudus Tahun 2015/2016

Jaya Pujangga, Kiki (2016) Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Metode Brainstorming Di Smp 2 Bae Kudus Tahun 2015/2016. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal._Judul.pdf - Accepted Version

Download (884kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (954kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (334kB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan: 1. Mendeskripsikan Keterampilan Peneliti Dalam Penerapan Layanan Pengusaan Konten Dengan Metode Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, 2. Memperoleh Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Setelah Mendapatkan Layanan Pengusaan Konten Dengan Metode Brainstorming. Layanan Penguasaan Konten Metode Brainstorming Menerapkan Suatu Teknik Atau Cara Mengajar Yang Dilaksanakan Oleh Guru Pembimbing Di Dalam Kelas. Ialah Dengan Melontarkan Suatu Masalah Ke Kelas Oleh Guru Pembimbing, Kemudian Siswa Menjawab Atau Menyatakan Pendapat Atau Komentar Sehingga Mungkin Masalah Tersebut Berkembang Menjadi Masalah Baru, Atau Dapat Diartikan Pula Sebagai Satu Cara Untuk Mendapatkan Banyak Ide Dari Sekelompok Manusia Dalam Waktu Yang Sangat Singkat. Metode Brainstorming Ini Diharapkan Akan Mampu Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Memperoleh Ide-Ide Baru Dan Menghargai Pendapat Orang Lain. Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Konseling. Subjek Yang Diteliti Adalah Siswa Kelas VII A SMP 2 Bae Kudus Sebanyak 32 Siswa Yang Mempunyai Kemampuan Berpikir Kritis Rendah. Analisis Data Dilakukan Dengan Menggabungkan Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif Agar Diperoleh Simpulan Penelitian Yang Kuat. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Keterampilan Peneliti Dalam Penerapan Layanan Penguasaan Konten Metode Brainstorming Menunjukkan Adanya Peningkatan. Hasil Observasi Kolaborator Terhadap Peneliti Dalam Proses High Touch Pada Siklus I Diperoleh Skor Rata-Rata 61 Dengan Kategori Cukup Dan Pada Siklus II Diperoleh Skor Rata-Rata 76 Dengan Kategori Baik. Dalam Proses High Tech Pada Siklus I Diperoleh Skor Rata-Rata 62 Dengan Kategori Cukup Dan Pada Siklus II Diperoleh Skor Rata-Rata 76 Dengan Kategori Baik. Penerapan Layanan Penguasaan Konten Metode Brainstorming Dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Kelas VII A SMP 2 Bae Kudus Tahun 2015/2016. Hasil Pada Siklus I Menunjukkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mencapai 52% Dan Mengalami Peningkatan Pada Siklus II Sebesar 66%. Sedangkan Sebelum Diadakannya Penelitian, Rata – Rata Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Adalah Sebesar 40%. Hasil Penelitian Ini Diharapkan Dapat Memperkaya Pengetahuan Guru Bimbingan Dan Konseling Tentang Penerapan Motode Bimbingan Dan Konseling. Simpulan Hasil Penelitian Ini Ialah Aktivitas Peneliti Dalam Penerapan Layanan Penguasaan Konten Metode Brainstorming Dinyatakan Sudah Memenuhi Kriteria Yang Sesuai Indikator Keberhasilan. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Metode Brainstorming Mampu Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII A SMP 2 Bae Kudus Tahun 2015/2016. Hal Ini Dapat Dilihat Dari Rata-Rata Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pelaksanaan Pelayanan Penguasaan Konten Dengan Metode Brainstorming Pada Siklus I Sampai Dengan Siklus II Yang Mengalami Peningkatan Hingga Mencapai Indikator Keberhasilan. Disarankan Kepada (1) Siswa Agar Lebih Proaktif Dalam Memecahkan Masalah Atau Soal Melalui Group Discussion, (2) Kepada Guru Pembimbing Diharapkan Dapat Menggunakan Layanan Penguasaan Konten Dengan Metode Brainstorming Pada Proses Bimbingan Selanjutnya, (3) Kepala Sekolah Diharapkan Dapat Memberikan Kebijakan Seperti Fasilitas Sarana Dan Prasarana Yang Mendukung Agar Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Dapat Terlaksana Dengan Baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Kons.
Kata Kunci: Berpikir Kritis. Layanan Penguasaan Konten, Brainstorming. Bimbingan Konseling
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 05 Aug 2016 01:44
Last Modified: 05 Aug 2016 01:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5927

Actions (login required)

View Item View Item