Peningkatan Penghargaan Terhadap Pendapat Orang Lain Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas Xi Ipa 2 Sma 2 Bae Kudus Tahun Ajaran 2015/2016

Maringga, Mella (2016) Peningkatan Penghargaan Terhadap Pendapat Orang Lain Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas Xi Ipa 2 Sma 2 Bae Kudus Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (782kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (97kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (332kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (638kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (127kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (77kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (80kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Untuk: 1. Mendiskripsikan Aktifitas Peneliti Dalam Peningkatan Penghargaan Terhadap Pendapat Orang Lain Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran2015/2016 Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Simulasi. 2. Untuk Memperoleh Peningkatan Penghargaan Terhadap Pendapat Orang Lain Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran2015/2016 Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Simulasi. Penghargaan Artinya Perbuatan Menghargai; Penghormatan. Penghargaan Merupakan Sesuatu Hal Yang Memang Diharapkan Oleh Sebagian Manusia Sebagai Makhluk Sosial. Sebuah Penghargaan Akan Didapat Oleh Seseorang Dikarenakan Jasa-Jasa Atau Sesuatu Hal Yang Dilakukan Atau Diberikan. Akibat Dari Perbuatan Yang Dilakukan Seseorang Tersebut Ia Mendapat Pujian Atau Benda Tertentu Secara Khusus Sebagai Bentuk Penghargaan. Biasanya Penghargaan Merupakan Sesuatu Yang Dibanggakan Oleh Banyak Orang, Karena Pemberiannya Diberikan Kepada Orang-Orang Tertentu Secara Khusus. Layanan Penguasaan Konten Merupakan Layanan Bantuan Kepada Individu (Sendiri Maupun Kelompok) Untuk Menguasai Kemampuan Atau Kompetensi Tertentu Melalui Kegiatan Belajar. Dengan Penguasaan Konten, Individu (Siswa) Diharapkan Mampu Memenuhi Kebutuhannya Serta Mengatasi Masalah-Masalahnya. Layanan Penguasan Konten Dengan Teknik Simulasi Ini, Teknik Simulasi Merupakan Gabungan Dari Teknik Bermain Peran Dan Teknik Diskusi, Permainan Simulasi Ini Ditujukan Untuk Merefleksi Situasi-Situasi Yang Ada Pada Situasi Kehidupan Yang Sebenarnya. Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan Dan Konseling Dilaksankan Di Kelas XI IPA 2 SMA 2 Bae Kudus Dengan Subjek Penelitian Sebanyak 33 Siswa. Penelitian Dilakukan 2 Siklus (Siklus I Dan Siklus II) Setiap Siklus 3 Kali Pertemuan. Variabel Penelitian: Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Simulasi (Variabel Bebas) Dan Penghargaan Pendapat Orang Lain (Variabel Terikat). Metode Pengumpulan Data Menggunakan Metode Observasi Dan Wawancara. Analisis Data Yang Digunakan Merupakan Analisis Data Deskriptif Kualitatif. Berdasarkan Hasil Observasi Pra Siklus Diperoleh Hasil Keseluruhan Rata-Rata Skor Sebanyak 24,42 Dalam Kategori Kurang. Setelah Diberi Layanan Penguasaan Konten Pada Siklus I, Peningkatan Penghargaan Terhadap Pendapat Orang Lain Siswa Meningkat Tetapi Belum Maksimal. Pada Pertemuan I Siswa Memperoleh Rata-Rata Skor 24,55 Dalam Kategori Kurang, Sedangkan Pada Pertemuan II Siswa Memperoleh Rata-Rata Skor 28,15 Dalam Kategori Cukup, Dan Pada Petemuan III Siswa Memperoleh Rata-Rata Skor 34,03 Dalam Kategori Baik. Sedangkan Pada Siklus II Pertemuan I Siswa Memperoleh Rata-Rata Skor 35,88 Dalam Kategori Baik, Pada Pertemuan II Siswa Memperoleh Rata-Rata Skor 37,45 Dalam Kategori Baik Dan Pada Pertemuan III Siswa Memperoleh Rata-Rata Skor 39,97 Dalam Kategori Baik. Hasil Rata-Rata Skor Secara Keseluruhan Pada Pra Siklus 24,42 Dalam Kategori Kurang, Pada Siklus I Mengalami Peningkatan 9,48 Yang Awalnya 24,42 Menjadi 34,03 Dalam Kategori Baik, Pada Siklus II Mengalami Peningkatan Sebanyak 5,94 Yang Awalnya 34,03 Menjadi 39,97 Dalam Kategori Baik. Berdasarkan Hasil Penelitian Dan Pembahasan Maka Dapat Disimpulkan Bahwa Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Simulasi Efektif Untuk Peningkatan Penghargaan Terhadap Pendapat Orang Lain Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA 2 Bae Kudus. Melihat Temuan Di Lapangan, Peneliti Memberikan Saran Kepada: 1. Bagi Kepala Sekolah Diharapkan Dapat Memberikan Sarana Dan Prasarana Yang Mendukung Agar Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Dapat Terlaksana Dengan Baik. 2. Bagi Guru Pembimbing Diharapkan Agar Memberikan Layanan Penguasaan Konten Yang Berkaitan Dengan Penghargaan Terhadap Pendapat Orang Lain Pada Siswa Secara Intensif. 3. Bagi Wali Kelas Diharapkan Agar Dapat Menjadi Alternative Cara Meningkatkan Rasa Penghargaan Terhadap Pendapat Orang Lain Pada Siswa. 4. Bagi Siswa Dengan Adanya Pelaksanaan Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Simulasi Yang Diberikan, Siswa Dapat Lebih Memahami Dan Mengerti Tentang Perilaku Menghargai Pendapat Orang Lain Itu Seperti Apa. 5. Diharapkan Bagi Para Peneliti Yang Berkenan Melanjutkan Pengembangan Pemberian Tindakan Dalam Peningkatan Penghargaan Terhadap Pendapat Orang Lain Agar Lebih Selektif Dan Lebih Sempurna Untuk Diberikan Pada Siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons.,
Uncontrolled Keywords: Penghargaan Pendapat, Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Simulasi.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 05 Aug 2016 02:31
Last Modified: 05 Aug 2016 02:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5928

Actions (login required)

View Item View Item