Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Matematika Kelas Ii Sd Negeri 3 Buwaran Tahun Ajaran 2015/2016

Aminudin, Ayik (2016) Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Matematika Kelas Ii Sd Negeri 3 Buwaran Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (108kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (204kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (298kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (663kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (135kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (27kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (33kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mendeskripsikan Upaya Meningkatkan Keterampilan Belajar Matematika Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas II SD Negeri 3 Buwaran Tahun Ajaran 2015/2016. Keterampilan Belajar Matematika Adalah Kemampuan Yang Dimiliki Siswa Untuk Melakukan Kegiatan Belajar Dengan Baik, Cepat, Dan Tepat Dengan Tujuan Untuk Menguasai Materi Pelajaran Matematika. Layanan Bimbingan Kelompok Adalah Layanan Bimbingan Yang Di Berikan Kepada Sekelompok Individu Melalui Dinamika Kelompok Untuk Membantu Mereka Menyusun Rencana Dan Keputusan Yang Tepat Dalam Menyelesaikan Masalah. Teknik Pemberian Tugas Adalah Suatu Cara Yang Menyajikan Bahan Pelajaran Dengan Memberikan Tugas Kepada Siswa Untuk Dipelajari Yang Kemudian Dipertanggungjawabkan Di Depan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas Ini Dilaksanakan Di SD Negeri 3 Buwaran Dengan Subyek Yang Diteliti Adalah Siswa Kelas II. Prosedur Penelitian Ini Melalui 2 Siklus, Dimana Setiap Siklus Terdiri Dari Tahap Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Refleksi. Variabel Bebas Dalam Penelitian Ini Adalah Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Pemberian Tugas, Sedangkan Variabel Terikat Adalah Keterampilan Belajar. Metode Pengumpulan Data Dengan Metode Observasi Dan Wawancara. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Teknik Observasi, Tes, Wawancara, Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Menggunakan Analisis Data Deskriptif Komparatif. Berdasarkan Hasil Observasi Yang Dilakukan Diperoleh Adanya Peningkatan Keterampilan Belajar Matematika Siswa Dari Pra Siklus, Siklus I Ke Siklus II. Hal Ini Terbukti Dengan Hasil Yang Diperoleh Dari Setiap Observasi Yang Dilakukan Sebelum Tindakan Dan Setelah Siklus I Dan Siklus II Yang Memperlihatkan Bahwa Keterampilan Belajar Matematika Siswa Mengalami Peningkatan Dengan Nilai Rata-Rata Pada Prasiklus 44,2% (Kurang), Pada Siklus I Memperoleh Hasil Rata-Rata 57,5% (Baik), Pada Siklus II Memperoleh Hasil 75,0% (Baik). Hal Ini Berarti Bahwa Terjadi Peningkatan Keterampilan Belajar Matematika Siswa Sebesar 30,8% Setelah Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Pemberian Tugas. Berdasarkan Hasil Penelitian, Maka Dapat Disimpulkan Bahwa Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Pemberian Tugas Dapat Meningkatkan Keterampilan Belajar Matematika Siswa Kelas II SD Negeri 3 Buwaran. Hal Ini Terbukti Sebelum Dilaksanakannya Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Pemberian Tugas, Keterampilan Belajar Matematika Siswa Tergolong Kurang. Setelah Dilaksanakan Tindakan Layanan Bimbingan Kelompok, Keterampilan Belajar Matematika Siswa Mengalami Peningkatan Menjadi Kategori Baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Agung Slamet Kusmanto, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Pemberian Tugas
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 05 Aug 2016 03:58
Last Modified: 05 Aug 2016 03:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5929

Actions (login required)

View Item View Item