Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kesadaran Dalam Memenuhi Tugas Dan Tanggung Jawab Sebagai Siswa Di Sma 1 Jekulo

Zuliadhi, Ririh (2016) Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kesadaran Dalam Memenuhi Tugas Dan Tanggung Jawab Sebagai Siswa Di Sma 1 Jekulo. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (108kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (204kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (298kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (663kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (135kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (27kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (33kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian: 1. Diperolehnya peningkatan kesadaran dalam memenuhi tugas dan tanggung jawab pada siswa. 2. Mendeskripsikan besarnya tingkat kesadaran dalam memenuhi tugas dan tangggung jawab siswa. Kesadaran diri adalah tindakan yang dilakukan dengan rasa tanggung jawab untuk memenuhi tugas sebagai siswa.Layanan Bimbingan kelompok adalah layanan kepada sejumlah siswa melalui kelompok secara bersama-sama untuk meningkatkan kesadaran dalam memenuhi tugas dan tanggung jawab sebagai siswa, yang dilaksanakan oleh konselor. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian tindakan bimbingan dan konseling dua siklus. Tempat penelitian di SMA 1 Jekulo Kudus, Subjek penelitian 5 siswa, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Variabel bebas: layanan bimbingan kelompok dan variabel terikat kesadaran dalam memenuhi tugas dan tanggung jawab sebagai siswa. Analisis data deskriptif komparatif antar siklus dilanjutkan refleksi. Hasil penelitian: pada kondisi awal kesadaran dalam memenuhi tugas dan tanggung jawab sebagai siswa rata-rata dalam kategori rendah dengan skor rata-rata 11 (44%). Pada siklus I meningkat menjadi kategori sedang dengan skor rata-rata 15,7 (63%). Pada siklus II meningkat menjadi kategori tinggi dengan skor rata-rata 21,3 (85%). Besarnya peningkatan adalah 41%. Uji hipotesis ada peningkatan yang positif kesadaran dalam memenuhi tugas dan tanggung jawab sebagai siswa melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI SMA 1 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016 diterima karena teruji kebenarannya. Pembahasan: melalui dua siklus tindakan, siswa yang semula kesadaran dalam memenuhi tugas dan tanggung jawab sebagai siswa dalam kategori rendah setelah diberikan layanan bimbingan kelompok 6 kali pertemuan. Terjadi perubahan menjadi kategori sedang pada siklus I dan kategori tinggi pada siklus II.Tingkat kesadaran dalam memenuhi tugas dan tanggung jawab sebagai siswa kelas XISMA 1 Jekulo Kudus,pada kondisi awal dari 5 siswa rata-rata dalam kategori rendah dengan skor rata-rata 11 (44%) artinya siswa tersebut dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah dengan mencontoh pekerjaan teman sekolah. Pada siklus I meningkat menjadi kategori sedang dengan skor rata-rata 15,7 (63%) artinya siswa mengerjakan tugas-tugas sekolah namun tidak tepat waktu. Pada siklus II meningkat menjadi kategori tinggi dengan skor rata-rata 21,3 (85%) artinya siswa sudah dapat mengerjakan tugas-tugas sekolah secara mandiri dan tepat waktu. Peningkatan kesadaran dalam memenuhi tugas dan tanggung jawab sebagai siswa melalui layanan bimbingan kelompok, pada kondisi awal (44%) dalam kategori rendah, meningkat menjadi (63%) dalam kategori sedang, pada siklus II, meningkat lagi menjadi (85%) dalam kategori tinggi pada siklus II. Jadi besarnya peningkatan sebesar (41%). Berdasarkan kesimpulan penelii memberi saran kepada sekolah, untuk menerapkan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kesadaran dalam memenuhi tugas dan tanggung jawab sebagai siswa. Orang tua hendaknya memberikan bimbingan dan dukungan moral dengan memotivasi semangat belajarnya. Peneliti dengan menerapkan pendekatan bimbingan melalui teknik-teknik yang tepat. Guru hendaknya memotivasi siswa agar memiliki kesadaran tanggung jawab dalam belajar. Siswa yang tingkat kesadaran dalam memenuhi tugas dan tanggung jawabnya rendah dan sedang diharapkan membentuk kelompok belajar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Drs. H. Sucipto, M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Tugas dan Tanggung Jawab Siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 05 Aug 2016 06:57
Last Modified: 05 Aug 2016 06:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5931

Actions (login required)

View Item View Item