Upaya Mengatasi Pengaruh Negatif Sosial Media Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Modeling Simbolik Pada Siswa Kelas Xi Ips 3 Sma 1 Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2015/2016

Fitriana, Heni Noor (2016) Upaya Mengatasi Pengaruh Negatif Sosial Media Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Modeling Simbolik Pada Siswa Kelas Xi Ips 3 Sma 1 Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (988kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (330kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (736kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (454kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (136kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (123kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Sosial media adalah suatu jaringan yang ditujukan untuk menghubungkan manusia di berbagai wilayah agar mudah berkomunikasi. Sosial media dapat digunakan dengan praktis dan tidak membuang banyak waktu atau memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk tetap bersosialisasi. Penggunanya dapat ikut serta dalam mencari informasi, berkomunikasi, dan menjaring pertemanan dengan segala fasilitas dan aplikasi yang dimilikinya. Layanan penguasaan konten merupakan layanan bantuan kepada individu (sendiri maupun kelompok) untuk menguasai kemampuan atau kompetensi tertentu melalui kegiatan belajar. Dengan penguasaan konten, individu (siswa) diharapkan mampu memenuhi kebutuhannya serta mengatasi masalah-masalahnya. Layanan penguasan konten dengan teknik modeling simbolik ini, peneliti memberikan informasi, data atau fakta dengan menggunakan teknik modeling simbolik berupa pemberian penjelasan melalui tayangan audio atau video agar siswa dapat melihat contoh dan lebih mudah untuk memahami. Adapun metode dalam penyampaian yang digunakan nanti berupa ceramah, diskusi, dan tanya jawab dengan siswa sehingga siswa berpartisipasi aktif dan dapat menguasai langsung mengenai materi yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mendeskripsikan tindakan dalam upaya mengatasi pengaruh negatif sosial media sebelum dan sesudah diberikan layanan penguasaan konten melalui teknik modeling simbolik pada siswa kelas XI IPS 3 SMA 1 Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2015/2016. 2. Untuk mengatasi pengaruh negatif sosial media melalui layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik pada siswa kelas XI IPS 3 SMA 1 Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling dilaksankan di kelas XI IPS 3 SMA 1 Jekulo Kudus dengan subjek penelitian sebanyak 34 siswa. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 kali pertemuan. Variabel penelitian: Layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik (variabel bebas) dan pengaruh negatif sosial media (variabel terikat). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil observasi pra siklus diperoleh hasil keseluruhan rata-rata skor sebanyak 22,94 dalam kategori kurang. Setelah diberi layanan penguasaan konten pada siklus I, upaya untuk mengatasi pengaruh negatif sosial media siswa meningkat tetapi belum maksimal. Pada pertemuan I siswa memperoleh rata-rata skor 23,94 dalam kategori kurang, sedangkan pada pertemuan II siswa memperoleh rata-rata skor 27,94 dalam kategori cukup, dan pada petemuan III siswa memperoleh rata-rata skor 32,97 dalam kategori cukup. Sedangkan pada siklus II pertemuan I siswa memperoleh rata-rata skor 34,02 dalam kategori baik, pada pertemuan II siswa memperoleh rata-rata skor 37,85 dalam kategori baik dan pada pertemuan III siswa memperoleh rata-rata skor 41,70 dalam kategori baik. Hasil rata-rata skor secara keseluruhan pada pra siklus 22,94 dalam kategori kurang, pada siklus I mengalami peningkatan 5,33 yang awalnya 22,94 menjadi 28,27 dalam kategori cukup, pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 9,58 yang awalnya 28,27 menjadi 37,85 dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik efektif untuk mengatasi pengaruh negatif sosial media pada siswa kelas XI IPS 3 SMA 1 Jekulo Kudus. Melihat temuan di lapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Bagi Kepala Sekolah diharapkan kepala sekolah menggunakan sebagai dasar penentuan kebijakan yang mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah terutama pelaksanaan layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik untuk mengatasi pengaruh negatif sosial media pada siswa. 2. Bagi Guru Pembimbing diharapkan digunakan sebagai acuan atau pedoman untuk melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan lebih bersungguh-sungguh, dan mengetahui betapa pentingnya pelayanan bimbingan dan konseling bagi siswa. 3. Bagi Siswa diharapkan siswa mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. 4. Bagi Peneliti diharapkan dapat menjadi acuan dalam membantu siswa untuk mengatasi pengaruh negatif sosial media pada siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Drs. Masturi, MM
Uncontrolled Keywords: Sosial Media, Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Modeling Simbolik
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 05 Aug 2016 07:32
Last Modified: 05 Aug 2016 07:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5932

Actions (login required)

View Item View Item