Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Siswa Kelas Iv Sdn 5 Jambu Timur Jepara Tahun Pelajaran 2013/2014

Azizah, Siti (2016) Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Siswa Kelas Iv Sdn 5 Jambu Timur Jepara Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (583kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (197kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (326kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (359kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (589kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (148kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (26kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (88kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuandalampenelitiantindakanbimbingankonselinginiantara lain: 1. Mendeskripsikanpeningkatanketerampilan berbahasa Indonesiamelaluilayananpenguasaan konten padasiswakelasIVSD 5 Jambu Timur TahunPelajaran2013/2014. 2. Diperolehnyapeningkatanketerampilan berbahasa Indonesiamelaluilayananpenguasaan kontenpadasiswakelasIVSD 5 JambuTimurTahunPelajaran2013/2014. Keterampilanberbahasa Indonesia adalahkecakapandalamkegiatanberkomunikasidenganbahasaberbicara yang saratdengan ide, gagasan, pesan, perasaandanpengalamantentangsesuatu yang diungkapkanpembicarapadapendengarnya.Layananpenguasaankontenmerupakanlayanan yang terdapat di dalambimbingandankonseling yang diberikanpesertadidikdalammengembangkandiriberkenaandegansikapdankebiasaanbelajar yang baik, materibelajar yang cocokdengankecepatandankesulitanbantuankepadaindividu (sendiriataukelompok) untukmenguasaikemampuandankompetensitertentumelaui proses belajar.ipotesis tindakan dalam Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling ini adalah: “Layananpenguasaankontendapatmeningkatkanketerampilanberbahasa Indonesia kelas IV SDN 05 JambuTimurKecamatanMlonggoKabupatenJeparatahunPelajaran 2013/2014” Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalah, PTBK melaluiprosedurtindakankelas (Classroom Action Research).Penelitianinidilaksanakandalamduatahap (2 siklus).Siswa yang menjadisubjekpenelitianiniadalah 13 siswakelasIVSDN 5 JambuTimurTahunPelajaran2013/2014.Metodepengumpulan data yang digunakanadalahobservasi, wawancara.Analisis data deskriptifkuantitatif. Keterampilan berbahasa Indonesia siswa pada pra siklus diperoleh skor 17,46 (35%) kategori (Kurang), setelah pemberian layanan penguasaan konten siklus I kondisi keterampilan berbahasa Indonesia siswa meningkat menjadi 28,3 (57%) kategori (Cukup), pada pelaksanaan layanan penguasaan konten di siklus II meningkat menjadi 44,2 (88%) (Sangat Baik).Keterampilan berbahasa Indonesia siswa dari kondisi pra siklus 35% telah mengalami peningkatan setelah mendapatkan layanan penguasaan konten menjadi 88%, jadi peningkatan yang dialami oleh siswa sebesar 53%dantelahmencapaiindikatorkeberhasilan.Saran yang penelitiajukanantara lain: 1. KepalaSekolah: Dalampenelitianinimenunjukanbahwalayananpenguasaankontensangatmembantusiswadalammeningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia. Denganadanyaketerampilan berbahasa Indonesiasiswadarilayananpenguasaankonteninidiharapkankepadasekolahmenggunakansebagaidasarkebijakan yang mendukungpelaksanaan program bimbingandankonseling di sekolah. 2. Bagi Guru BK: Diharapkan guru BK dapat memaksimalkan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah, terutama layanan penguasaankonten. Agar pelayanan bimbingan dan konseling dapat membantu siswa yang belummencapaiindikatorkeberhasilandengankonselingperoranganataulayanan lain yang sesuai. 3. Siswa: Diharapkansiswalebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan mengasah kemampuan dasar dalam berbahasa Indonesia. 4. Penelitiselanjutnya: Diharapkanpenelitidapatmenambahkanpengalamandanketerampilancarameningkatkanketerampilan berbahasa Indonesiasiswamelaluipemberianlayananpenguasaankontensehinggapenelitilebihkreatifdaninovatifdalampemberianlayananbimbingandankonseling.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd, Kons
Uncontrolled Keywords: Keterampilanberbahasa, LayananPenguasaanKonten.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 06 Aug 2016 06:00
Last Modified: 06 Aug 2016 06:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5939

Actions (login required)

View Item View Item