Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Modeling Simbolik Pada Siswa Kelas Xi Ipa Sma Muhammadiyah Kudus Tahun Ajaran 2015/2016

Fatimah, Vina Maharani (2016) Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Modeling Simbolik Pada Siswa Kelas Xi Ipa Sma Muhammadiyah Kudus Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan keterampilan peneliti dalam melaksanakan layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik dapat meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. 2. Mendeskripsikan peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat siswa setelah diberikan layanan penguasaan konten melalui teknik modeling simbolik pada siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kudus Tahun Ajaran 2015/2016. Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan perilaku yang wajib dimilki setiap manusia sebagai dasar bentuk perwujudan paradigma sehat dalam budaya hidup perorangan, keluarga dan masyarakat yang berorientasi sehat yang bertujuan untuk meningkatkan, memelihara dan melindungi kesehatannya baik fisik, mental spiritual maupun sosial. Kebersihan dan kesehatan merupakan salah satu penunjang dalam aktivitas kegiatan manusia sehari-hari. Apabila kita menjaga kebersihan dan kesehatan, apapun yang kita kerjakan dapat terlaksana dengan baik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perilaku siswa yang kurang mengerti dan memahami aspek-aspek perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik. Layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik merupakan layanan bantuan kepada individu maupun kelompok untuk menguasai kemampuan atau kompetensi tertentu melalui kegiatan belajar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah melalui layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik dapat meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat pada siswa. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kudus sebanyak 41 siswa yang mempunyai pemahaman perilaku hidup bersih dan sehat yang sangat rendah. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan setiap satu pertemuan membahas satu materi dengan alokasi waktu 45 menit. Hasil penelitian pra siklus Perilaku Hidup Bersih dan Sehat menunjukkan kategori sangat kurang dengan rata-rata skor 16 (32%). Siklus I Perilaku Hidup Bersih dan Sehat mengalami peningkatan dalam kategori kurang dengan rata-rata skor 24 (48%) yang berarti mengalami peningkatan rata-rata skor 16% dari pra siklus. Siklus II Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam kategori baik dengan rata-rata skor 36 (72%) yang berarti ada peningkatan 24%. Peningkatan aktivitas peneliti mengalami peningkatan pada siklus I skor rata-rata 63 dalam kategori cukup dan pada Siklus II skor rata-rata 80 dalam kategori baik. Simpulan hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat mulai dari Pra Siklus skor rata-rata 16 kategori sangat kurang, Siklus I skor rata-rata 24 kategori kurang dan Siklus II skor rata-rata 36 kategori baik. Hasil penelitian aktivitas peneliti pada siklus I skor rata-rata 63 (Cukup) dan pada Siklus II skor rata-rata 80 (Baik). Dengan demikian Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Modeling Simbolik efektif untuk meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Disarankan kepada: 1. Kepada Kepala Sekolah, penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan penyusunan kebijakan sekolah agar perkembangan siswa berjalan dengan baik. 2. Kepada Guru Pembimbing, agar memberikan layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik berkaitan dengan perilaku hidup bersih dan sehat kepada siswa secara intensif serta sesuai dengan kebutuhan siswa agar potensi siswa dapat berkembang secara optimal. 3. Kepada Siswa, agar dapat menjaga dan memperlakukan pola hidupnya dengan berperilaku bersih dan sehat. 4. Kepada Peneliti, mampu menyalurkan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh selama melakukan penelitian dan dapat melakukan penelitian lebih lanjut lagi mengenai perilaku hidup bersih dan sehat.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Drs. H. Sucipto, M.pd, Kons
Uncontrolled Keywords: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Modeling Simbolik
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 06 Aug 2016 06:13
Last Modified: 06 Aug 2016 06:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5940

Actions (login required)

View Item View Item