Meningkatkan Kemandirian Belajar Melalui Layanan Informasi Dengan Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas V Sdn 2 Tanjungrejo Kudus 2015/2016

Hidayati, Nila Nur (2016) Meningkatkan Kemandirian Belajar Melalui Layanan Informasi Dengan Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas V Sdn 2 Tanjungrejo Kudus 2015/2016. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (792kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (853kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (967kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (804kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (793kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (796kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan Layanan Informasi dengan Teknik Simulasi untuk meningkatkan kemandirian belajar menggunakan teknik simulasi bagi siswa kelas V SDN 2 Tanjungrejo. Untuk mendeskripsikan peningkatan kemandirian belajar melalui layanan informasi dengan teknik simulasi bagi siswa kelas V SDN 2 Tanjungrejo Kudus Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Kemandirian belajar adalah keadaan individu dalam melaksanakan aktivitas atau kegiatannya tanpa harus bergantung kepada orang lain. Layanan informasi merupakan layanan konseling guna memberikan informasi kepada peserta didik baik dari aspek perkembangan kegiatan belajarnya maupun dalam aspek perkembangan kegiatan lainnya. Simulasi merupakan tiruan atau perbuatan yang hanya pura-pura saja (dari fakta simulate yang artinya pura-pura atau berbuat seolah-olah; dan simulation artinya tiruan atau perbuatan yang pura-pura saja). Dengan kegiatan ini, maka siswa mampu melihat suatu hal yang ditirukan oleh orang lain maupun oleh dirinya sendiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTBK yang dilaksanakan pada kelas V SD N 2 Tanjungrejo Kudus dengan subjek penelitian 24 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah layanan informasi dengan teknik simulasi. Sedangkan variabel terikat adalah kemandirian belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil pelaksanaan layanan informasi pada siklus I pertemuan 1, 2, dan 3 secara keseluruhan mendapat rata-rata sebesar 66% (cukup) dan pada siklus II mendapat rata-rata sebesar 83% (baik), dengan jumlah peningkatan sebesar 17%. Sedangkan hasil penelitian kemandirian belajar pada siswa pra siklus memperoleh skor 421, dengan persentase 35,1% (sangat kurang). Hasil penelitian kemandirian belajar siklus I mendapat rata-rata sebesar 46,7% (kurang). Hasil penelitian kemandirian belajar pada siklus II mendapatkan rata-rata sebesar 71,6% (baik). Dengan jumlah peningkatan skor dari siklus I ke siklus II sebanyak 24,9%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa layanan informasi dengan teknik simulasi dapat meningkatkan kemandirian belajar pada siswa kelas V SD N 2 Tanjungrejo Kudus. Untuk itu disarankan kepada: 1. Kepala sekolah: dengan adanya dampak positif dari layanan informasi dengan teknik simulasi diharapkan dapat menggunakannya sebagai dasar kebijakan yang mendukung pelaksanaan program layanan Bimbingan dan Konseling, 2. Guru pembimbing: dapat memaksimalkan pelayanan Bimbingan dan Konseling di sekolah, terutama layanan informasi yang dipergunakan sebagai bahan kajian agar dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemandirian belajar pada siswa, 3. Siswa: dapat meningkatkan pengetahuannya mengenai manfaat maupun cara untuk dapat belajar yang disukai, sehingga siswa dapat memperbaiki pola belajarnya untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, 4. Peneliti: memberikan tabahan ilmu pengetahuan dan pengalaman sebagai calon seorang guru atau konselor dalam memberikan layanan Bimbingan dan Konseling, khususnya dalam layanan informasi dengan teknik simulasi untuk meningkatkan kemandirian belajar pada siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar. Layanan Informasi dengan Teknik Simulasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 06 Aug 2016 07:43
Last Modified: 06 Aug 2016 07:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5941

Actions (login required)

View Item View Item