Upaya Mereduksi Perilaku Anti Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Asertif Pada Siswa Kelas X Smk Islam Manba’ul Ulum Kedung Ombo

Wihastie, Dwi An Retno (2016) Upaya Mereduksi Perilaku Anti Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Asertif Pada Siswa Kelas X Smk Islam Manba’ul Ulum Kedung Ombo. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (675kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (173kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (220kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (446kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (165kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (154kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (158kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:1) Mendiskripsikan aktivitas pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik asertif untuk mereduksi perilaku anti sosial pada siswa kelas X SMK Islam Manba’ul Ulum Kedung Ombo; 2) Mengetahui penurunan perilaku anti sosial siswa setelah diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik asertif pada siswa kelas X Manba’ul Ulum Kedung Ombo. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah “Melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik asertif dapat mereduksi perilaku anti sosial siswa kelas X SMK Islam Manba’ul Ulum Kedung Ombo”. Teknik asertif pada umumnya mendasarkan pada prosedur belajar dalam diri seseorang yang perlu diubah, diperbaiki dan diperbarui.Teknik ini mengajarkan pada individu untuk mengungkapkan diri dengan cara sedemikian rupa sehingga terefleksi kepekaannya terhadap perasaan dan hak orang lain. Dengan demikian, individu yang anti sosial akan lebih menghargai orang lain, dan diharapkan hal ini akan mereduksi perilakunya yang anti sosial. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Islam Manba’ul Ulum Kedung Ombo. Variabel penelitian: prilaku anti sosial (variabel output), proses pelaksanaan layanan bimbingan kelompok (variabel proses), dan pemberian bimbingan kelompok dengan teknik asertif (variabel input). Metode pengumpulan data dengan metode observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan data kualitatif yang dapat dianalisis secara deskriptif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Data diperoleh dari observasi yang dilakukan secara langsung bersama dengan guru kelas. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan diperoleh adanya peningkatan perilaku sosial siswa dari pra siklus, siklus I ke siklus II. Hal ini terbukti dengan hasil yang diperoleh dari setiap observasi yang dilakukan sebelum tindakan dan setelah siklus I dan siklus II yang memperlihatkan bahwa perilaku sosial siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada prasiklus 45% (Cukup), pada siklus I memperoleh hasil rata-rata 65% (Baik), pada siklus II memperoleh hasil 83% (Sangat Baik). Hal ini berarti bahwa terjadi penurunan perilaku anti sosial siswa dari 53% pada pra siklus menjadi 17% pada siklus II, atau terjadi penurunan sebesar 36%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik asertif dapat menurunkan perilaku anti sosial siswa kelas X SMK Manba’ul Ulum Kedung Ombo. Hal ini terbukti sebelum dilaksanakannya layanan bimbingan kelompok dengan teknik asertif, perilaku anti sosial siswa tergolong tinggi. Setelah dilaksanakan tindakan layanan bimbingan kelompok, perilaku anti sosial siswa mengalami penurunan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 08 Aug 2016 02:28
Last Modified: 08 Aug 2016 02:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5945

Actions (login required)

View Item View Item