Peningkatkan Sikap Anti Hedonis Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas Xi Smk Tamansiswa Kudus Tahun 2015/ 2016

Alkhorni, Siti Mardiyah (2015) Peningkatkan Sikap Anti Hedonis Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas Xi Smk Tamansiswa Kudus Tahun 2015/ 2016. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (453kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (226kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (543kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (307kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (755kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (255kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (199kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (123kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (703kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mendiskripsikan layanan bimbingan kelompok dengan media audio visual dalam meningkatkan anti sikap hedonis 2.Untuk memeproleh peningkatan anti sikap hedonis setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan media audio visual. Layanan bimbingan kelompok dengan media audio visual adalah Kegiatan pemberian layanan bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh seorang peneliti secara kelompok.Dalam penelitian ini, media audio visual yang digunakan berupa film. Anti sikap hedonis adalah pandangan bahwa kesenangan, kemewahan dan barang – barang mahal bukanlah segalanya.Anti sikap hedonis lebih menekankan pada pola hidup sederhana.Hipotesis penelitian ini adalah: layanan bimbingan kelompok dengan media audio visual dapat meningkatkan anti sikap hedonis pada siswa kelas X SMK Tamansiswa Kudus Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) yang dilaksanakan di SMK Tamansiswa Kudus Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Tamansiswa Kudus Tahun Pelajaran 2015/ 2016 kelas sebanyak 8 siswa.Variabel Bebas adalah layanan bimbingan kelompok dengan media audio visual. Sedangkan variabel terikat adalah anti sikap hedonis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Ada peningkatan anti sikap hedonis dikarenakan per siklus mengalami peningkatan skor pada siklus I pertemuan I memperoleh skor 23,625 persentase 47,25 dalam kategori kurang (K), siklus I pertemuan II memperoleh skor 25,75 persentase 51,5 dalam kategori kurang (K), siklus I pertemuan III memperoleh skor 30 persentase 60% dalam kategori cukup (C). Pada siklus II pertemuan I memperoleh skor 34,5 persentase 69% dalam kategori baik (B), siklus II pertemuan II memperoleh skor 38,125 persentase 76,25 dalam kategori baik (B), siklus II pertemuan III memperoleh skor 42 persentase 84% dalam kategori sangat baik (SB). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pada siklus II dibandingkan dengan siklus I. Kesimpulan penelitian ini adalah Bimbingan kelompok dengan media audio visual dapat meningkatkan anti sikap hedonis kelas XI SMK Tamansiswa Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah : 1) Kepala Sekolah, Bagi kepala sekolah diharapkan dapat memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung agar dalam menyelenggarakan layanan bimbingan dan konseling dapat berjalan dengan baik, termasuk dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok. 2) Guru Pembimbing, Bagi guru pembimbing diharapkan dapat mengembangkan layanan-layanan bimbingan dan konseling salah satunya yaitu layanan bimbingan kelompok yang berkaitan dengan meningkatkan anti sikap hedonis sesuai dengan kebutuhan siswa agar dapat mengembangkan hasil belajarnya secara maksimal dan memotivasi siswa agar dapat memanfaatkan layanan bimbingan kelompok. 3) Siswa, Bagi siswa dengan adanya layanan bimbingan kelompok dengan media audio visual diharapkan siswa dapat meningkatkan anti sikap hedonis untuk mencapai prestasi belajar dalam dirinya, sehingga dalam mencapai prestasi belajar dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Drs. Sunardi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Sikap Hedonis, Bimbingan Kelompok, Media Audio Visual
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 08 Aug 2016 03:56
Last Modified: 08 Aug 2016 03:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5949

Actions (login required)

View Item View Item