Peningkatan Resiliensi Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Peer Group Pada Siswa Kelas Viiia Smp 2 Sukolilo Pati Tahun Pelajaran 2014/2015

Sembel, Daniel Kristianto (2016) Peningkatan Resiliensi Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Peer Group Pada Siswa Kelas Viiia Smp 2 Sukolilo Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (3MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (393kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (535kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (104kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (102kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dalam penelitian tindakan bimbingan konseling ini antara lain: 1. Mendeskripsikan keterampilan peneliti dalam penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group pada siswa kelas VIIIA SMP 2 Sukolilo Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. 2. Mendeskripsikan aktivitas siswa kelas VIIIA SMP 2 Sukolilo Pati dalam mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group untuk meningkatkan Resiliensi. 3. Mendeskripsikan peningkatan Resiliensi siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group pada siswa kelas VIIIA SMP 2 Sukolilo Pati. Resiliensi adalah kemampuan individu untuk dapat beradaptasi dengan baik meskipun dihadapkan dengan keadaan yang sulit, resiliensi memilki makna yang luas dan beragam, mencakup kepulihan dari masa traumatis, mengatasi kegagalan dalam hidup, dan menahan stres agar dapat berfungsi dengan baik dalam mengerjakan tugas sehari-hari. Bimbingan kelompok merupakan salah satu bentuk bimbingan yang dilakukan melalui media kelompok dengan memanfaatkan dinamika kelompok yang bertujuan untuk menggali dan mengembangkan diri dan potensi yang dimiliki individu. Hipotesis dalam penelitian ini: Layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group dapat meningkatkan resiliensi siswa kelas VIIIA SMP 2 Sukolilo Pati. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah, PTBK melalui prosedur tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap (2 siklus). Siswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah 9 siswa kelas VIIIA SMP 2 Sukolilo Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara. Analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan pertama peneliti mendapatkan skor 36 kategori (Kurang), pertemuan kedua mendapatkan skor 47 kategori (Kurang), pertemuan ketiga 51 kategori (Cukup). Pada siklus II pertemuan pertama peneliti mendapatkan skor 62 kategori (Cukup), pertemuan kedua peneliti mendapatkan skor 73 kategori (Baik), pertemuan ketiga peneliti mendapatkan skor 89 kategori (Sangat baik). Aktivitas siswa dalam kegiatan bimbingan kelompok pada siklus I pertemuan pertama 15,6 (39%) kategori (Kurang), pertemuan kedua 19,8 (49%) kategori (Kurang), pertemuan ketiga 22,6 (56%) kategori (Cukup). Aktivitas siswa dalam kegiatan bimbingan kelompok pada siklus II pada pertemuan pertama 26,7 (67%) kategori (Cukup), pertemuan kedua 30 (76%) kategori (Baik), pertemuan ketiga 36 (89%) kategori (Sangat Baik). Hasil observasi terhadap resiliensi siswa pada pra siklus 18,2 (36%) kategori (Kurang). Siklus I pertemuan pertama 24,6 (49%) kategori (Kurang), pertemuan kedua 26,6 (53%) kategori (Cukup), pertemuan ketiga 30,3 (61%) kategori (Cukup). Siklus II pertemuan pertama 33,7 (67%) kategori (Baik), pertemuan kedua 38 (76%) kategori (Baik), pertemuan ketiga 44 (87%) kategori (Sangat Baik). Simpulan penelitian ini adalah resiliensi siswa dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok teknik Peer group dapat diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan. Saran yang disampaikan peneliti antara lain: 1. Kepala Sekolah: Diharapkan kepala sekolah dapat memaksimalkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah, terutama layanan bimbingan kelompok, dan memfasilitasi Guru BK untuk dapat meningkatkan kualitas layanan yang akan diberikan. 2. Bagi Guru Pembimbing: Diharapkan guru pembimbing dapat memaksimalkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah, terutama layanan bimbingan kelompok. Agar pelayanan bimbingan dan konseling dapat membantu siswa dalam mengatasi permasalahan yang dialami. 3. Bagi Siswa: Diharapkan siswa dapat memiliki resiliensi yang baik, karena dengan resiliensi yang baik siswa mampu menghindar dari kerugian-kerugian yang menjadi akibat dari hal-hal yang tidak menguntungkan dari permasalahan yang dialami. 4. Kepada Peneliti Selanjutnya: Peneliti nantinya dalam meningkatkan resiliensi hendaknya lebih memahami kondisi keadaan siswa dalam menghadapi kesulitan-kesulitan yang muncul terkait dengan permasalahan yang dihadapi. Serta menjadikan peran Peer Group sebagai alternativ pemecahan masalah dalam berbagai penelitian selanjutnya

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Resiliensi, Bimbingan Kelompok Teknik Peer Group
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 08 Aug 2016 05:58
Last Modified: 08 Aug 2016 05:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5952

Actions (login required)

View Item View Item