Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kemampuan Manajemen Waktu Belajar Siswa Kelas Vii Smp N 1 Bae Kudus Tahun Ajaran 2014/ 2015

Husein, Fajar (2016) Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kemampuan Manajemen Waktu Belajar Siswa Kelas Vii Smp N 1 Bae Kudus Tahun Ajaran 2014/ 2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (349kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (228kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (370kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (297kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (170kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (163kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (203kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan Penelitian Ini Adalah: 1) Menemukan Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Manajemen Waktu Belajar Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Bae Kudus Tahun Ajaran 2014/ 2015. 2) Membantu Meningkatkan Kemampuan Manajemen Waktu Belajar Melalui Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Siswa Kelas VII SMP N 1 Bae Kudus Tahun Ajaran 2014/ 2015 Manajemen Waktu Adalah Pengaturan Kegiatan Yang Dilakukan Dengan Pemanfaatan Waktu Sebaik Mungkin Supaya Maksud Dari Kegiatan Tersebut Dapat Tercapai Dengan Baik Dan Bisa Selesai Tepat Pada Waktunya. Segala Bentuk Upaya Dan Tindakan Seseorang Yang Dilakukan Secara Terencana Agar Individu Dapat Memanfaatkan Waktunya Dengan Sebaik-Baiknya. Konseling Behavioristik Adalah Layanan Yang Diberikan Oleh Konselor (Peneliti) Kepada Klien (Siswa) Yang Mengalami Masalah Kesulitan Belajar. Konseling Yang Diberikan Berfokus Pada Perubahan Perilaku Siswa Dalam Kegiatan Belajar. Tehnik Self Management Yang Memberikan Kesempatan Pada Konseli Untuk Mengatur Atau Memantau Perilakunya Sendiri Dengan Satu Strategi Atau Kombinasi Strategi Untuk Mengubah Perilaku. Prosedur Penelitian Studi Kasus Ini Meliputi: 1) Identifikasi Kasus, 2) Analisis, 3) Diagnosis, 4) Prognosis, 5) Treatment (Penerapan Konseling Gestalt). Treatment Yang Digunakan Adalah Konseling Behavior Dengan Tehnik Aversi: 1) Assement, 2) Goal Setting, 3) Tehnik Implementasi, 4) Evaluation Termination. Subjek Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Siswa VII SMP N 1 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2014/ 2015 Sebanyak 2 Siswa. Metode Pengumpulan Data Berupa Metode Observasi, Wawancara, Dan Dokumentasi. Penelitian Ini Menggunakan Teknik Analisis Data Induksi Sistem Bacon Dengan Alasan Penelitian Yang Akan Dilaksanakan Bersifat Kualitatif. Hasil Penelitian Diperoleh Kesimpulan Setelah Diadakan Konseling Tiga Kali Klien Yang Awalnya Belum Bisa Berhitung, Dengan Adanya Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Klien Menjadi Lebih Bisa Dalam Berhitung Dan Mempunyai Motivasi Dalam Belajar Dan Klien Tidak Mengalami Masalah Kesulitan Belajar. Setelah Diadakan Konseling Tiga Kali Sikap Siswa Yang Awalnya Malas Berhitung, Dengan Adanya Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Klien Menjadi Rajin Dan Mempunyai Motivasi Berhitung Dan Klien Tidak Mengalami Masalah Kesulitan Belajar. Berdasarkan Hasil Penelitian Dan Pembahasan Maka Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kemampuan Manajemen Waktu Belajar Siswa Kelas VII SMP N 1 Bae Kudus Tahun Ajaran 2014/ 20155. Saran Dalam Penelitian Ini: 1) Bagi Kepala Sekolah, Memberi Masukan Kepada Kepala Sekolah Tentang Konseling Behavioral Sehingga Dapat Dijadikan Sebagai Pedoman Memberikan Kebijakan Untuk Meningkatkan Kemampuan Manajemen Waktu Belajar Siswa Di Sekolah. 2) Bagi Guru, Memberikan Masukan Tentang Layanan Yang Dapat Diberikan Kepada Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Manajemen Waktu Belajar Siswa Di Sekolah. 3) Bagi Siswa, Meningkatkan Kemampuan Manajemen Waktu Belajar Siswa Dan Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. 4) Bagi Guru BK, Memberi Masukan Untuk Mengurangi Budaya Hedonisme Dan Memberi Masukan Tentang Layanan Yang Dapat Diberikan Kepada Siswa. 5) Untuk Peneliti, Menambah Pengalaman Dalam Penelitian Dan Meningkatkan Pengetahuan Tentang Konseling Behavioral Dengan Tehnik Aversi Untuk Meningkatkan Kemampuan Manajemen Waktu Belajar. 6) Bagi Wali Kelas, Memberi Masukan Untuk Meningkatkan Kemampuan Manajemen Waktu Belajar Dan Memberi Gambaran Keadaan Siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Waktu Belajar, Konseling Behavioral, Tehnik Self Management
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 08 Aug 2016 06:18
Last Modified: 08 Aug 2016 06:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5954

Actions (login required)

View Item View Item