Peningkatan Ketuntasan Membaca Melalui Layanan Penguasaan Konten Berbantuan Kartu Kata Pada Siswa Kelas I Sd 8 Gondosari Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015

Fitriyani, Rina (2016) Peningkatan Ketuntasan Membaca Melalui Layanan Penguasaan Konten Berbantuan Kartu Kata Pada Siswa Kelas I Sd 8 Gondosari Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (863kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (517kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (587kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (633kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (655kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (518kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (492kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (503kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) Ini Bertujuan: 1. Mendiskripsikan Peningkatanketuntasan Membaca Pada Siswa Kelas 1 Sesudah Diberikan Layanan Penguasaan Konten Dengan Berbantuan Kartu Kata, 2. Memperoleh Peningkatan Ketuntasan Membaca Pada Anak Dengan Layanan Penguasaan Konten Dengan Berbantuan Kartu Kata Pada Siswa Kelas 1 SDN 08 Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Ketuntasan Membaca Merupakan Usaha Peneliti Membantu Anak Supaya Dapat Melewati Tahapan Membaca Dengan Lancar Dan Benar. Disini Peneliti Memperkenalkan Membaca Pada Anak Sekolah Dasar Terutama Siswa Kelas 1 Melalui Layanan Penguasaan Konten. Layanan Penguasaan Konten Secara Umum Bertujuan Agar Siswa Dapat Menguasai Konten Atau Kompetensi Tertentu, Sedangkan Tujuan Khusus Yang Hendak Dicapai Adalah Tercapainya Fungsi-Fungsi Layanan Konseling Khususnya Dalam Kegiatan Pembelajaran. Layanan Penguasaan Konten Berfungsi Sebagai Pemahaman, Pencegahan, Pengentasan. Hipotesis Penelitian Yang Diajukan Yaitu: “Layanan Penguasaan Konten Berbantuan Kartu Kata Dapat Meningkatkan Ketuntasan Membaca Siswa Kelas 1 SDN 08 Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015” Jenis Penelitian Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah, PTBK Melalui Prosedur Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian Ini Dilaksanakan Dalam Dua Tahap (2 Siklus). Subjek Penelitian Siswa Kelas I SD 8 Gondosari Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Variabel Bebas: Layanan Penguasaan Konten Dengan Kartu Kata, Variabel Terikat: Ketuntasan Membaca. Metode Pengumpulan Data Yang Digunakan Adalah Observasi Dan Wawancara. Analisis Data Menggunakan Kuantitatif Deskriptif. Pra Siklus Didapatkan Hasil Observasi Pada Ketuntasan Siswa Sebesar 16,4 (33%) Kategori (SK), Pada Siklus I Siswa Mendapatkan Skor Rata-Rata 29,3 (59%) Kategori (C) Pada Siklus II Mendapatkan Skor Rata-Rata 42,5 (85%) Kategori (SB). Maka Hipotesis Yang Berbunyi: “Layanan Penguasaan Konten Berbantuan Kartu Kata Dapat Meningkatkan Ketuntasan Membaca Siswa Kelas 1 SDN 08 Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015” Terbukti Karena Telah Mencapai Indikator Keberhasilan. Berdasarkan Hasil Penelitian, Peneliti Menyampaikan Saran Sebagai Berikut: 1. Kepala Sekolah: Dalam Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa Layanan Penguasaan Konten Sangat Membantu Siswa Dalam Meningkatkan Ketuntasan Membaca. Dengan Adanya Dampak Positif Dari Layanan Penguasaan Konten Ini Diharapkan Kepala Sekolah Dapat Mendukung Adanya Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar. 2. Guru Kelas: Diharapkan Guru Kelas Dapat Menerapkan Metode Pembelajaran Yang Variatif Terutama Penggunaan Metode Kartu Kata Sebagai Metode Pembelajaran Yang Diguanakan Untuk Meningkatkan Ketuntasan Membaca Siswa. 3. Siswa: Siswa Dapat Belajar Lebih Giat Dan Memiliki Motivasi Membaca Yang Lebih Baik Lagi, Dan Siswa Diharapkan Lebih Kreatif Dalam Mengunakan Kartu Kata Sebagai Sarana Pembelajaran Berbahasa. 4. Penelitian Selanjutnya: Diharapkan Peneliti Selanjutnya Dapat Menggunakan Hasil Penelitian Ini Sebagai Acuan Untuk Memperluas Aspek Penelitian Yang Berkaitan Dengan Peningkatan Ketuntasan Membaca Dan Penerapan Layanan Penguasaan Konten Metode Kartu Kata Yang Lebih Baik Lagi Di Kemudian Hari.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons.
Uncontrolled Keywords: Ketuntasan Membaca, Layanan Penguasaan Konten Dan Kartu Kata.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 09 Aug 2016 07:10
Last Modified: 09 Aug 2016 07:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5975

Actions (login required)

View Item View Item