Upaya Meningkatkan Etika Berbicara Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Kelas Xii Ips 1 Sma Muhammadiyah Kudus

Hakim, Ahmad (2016) Upaya Meningkatkan Etika Berbicara Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Kelas Xii Ips 1 Sma Muhammadiyah Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (772kB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB_III._.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (179kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: 1. Mendeskripsikan aktifitas peneliti layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk mengetahui etika berbicara pada siswa kelas XII IPS 1 SMA Muhammadiyah Kudus Tahun Ajaran 2015/2016. 2. Mendeskripsikan aktifitas siswa dalam bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk mengetahui etika berbicara pada siswa kelas XII IPS 1 SMA Muhammadiyah Kudus Tahun Ajaran 2015/2016. 3. Memperoleh peningkatan etika berbicara dengan layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama pada siswa kelas XII IPS 1 SMA Muhammadiyah Kudus Tahun Ajaran 2015/2016. Etika adalah perilaku yang membicarakan tentang nilai dan norma yang menentukan perilaku manusia dalam hidupnya.. Bimbingan kelompok yaitu layanan yang memungkinkan sejumlah peserta didik secara bersama-sama memperoleh berbagai bahan dari narasumber tertentu (terutama dari pembimbing/konselor) yang berguna untuk menunjang kehidupannya sehari-hari baik individu maupun pelajar, anggota keluarga dan masyarakat serta untuk pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Sosiodrama adalah salah satu teknik dalam bimbingan kelompok yaitu role playing atau teknik bermain peran dengan cara mendramatisasikan bentuk tingkah laku dalam hubungan sosial. Penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling, dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek yang diteliti dalam penelitian PTK BK adalah siswa kelas XII IPS 1 SMA Muhammadiyah Kudus sebanyak 10 siswa. Variabel penelitian: layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama (Variabel Bebas) dan etika berbicara (Variabel Terikat). Metode pengumpulan data berupa metode observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian dan pembahasan dilakukan dengan 10 subjek penelitian terhadap 10 aspek penilaian. Peningkatan etika berbicara dengan layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama pada siswa kelas XII IPS 1 SMA Muhammadiyah Kudus Tahun Ajaran 2015/2016 dapat dilihat dari pra siklus ke siklus I dan siklus II yang memperlihatkan peningkatan indikator keberhasilan. Hasil rata-rata pra tindakan mendapat skor 14 (28%) dengan kategori sangat kurang (SK), pada siklus I skor rata-ratanya adalah 25,14 (51%) dengan kategor kurang (K), dan pada siklus II skor rata-rata 38,66 (77%) dengan kategor baik (B). Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data peneliti dapat menyimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan etika berbicara siswa. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan di lapangan peneliti memberikan saran kepada: 1. Bagi Kepala Sekolah, diharapkanmemberikan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan kegiatan bimbingan kelompok. 2. Kepada Konselor, diharapkan agar konselor dapat memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan etika berbicara, sehingga nantinya siswa mempunyai etika berboicara yang baik 3. Kepada siswa, diharapkan setelah mendapat layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama siswa akan mendapat manfaat yang baik dalam kehidupan sehari-harinya khususnya yang berkaitan kejujuran pada diri sendiri maupun orang lain 4. Bagi peneliti berikutnya dapat dapat mempraktikkan teori-teori bimbingan dan konseling khususnya bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan etika berbicara, sehingga dapat mencapai hasil yang optimal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing; Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd
Kata Kunci: Etika Berbicara. Bimbingan Kelompok. Teknik Sosiodrama
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 10 Aug 2016 01:52
Last Modified: 10 Aug 2016 01:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5979

Actions (login required)

View Item View Item