Upaya Mengatasi Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Melalui Pendekatan Rasional Emotif Therapy Dengan Teknik Relaksasi Pada Siswa Kelas Xi Ips 2

Wijayanti, Endang (2016) Upaya Mengatasi Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Melalui Pendekatan Rasional Emotif Therapy Dengan Teknik Relaksasi Pada Siswa Kelas Xi Ips 2. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (832kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (894kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (961kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (791kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (778kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (773kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitianini bertujuan untuk(1)Untuk menemukan penyebab kecemasan menghadapi ujian nasional kelas XI SMA 2 BAE Kudus Tahun ajaran 2015/2016. (2) Untuk Mengatasi Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Melalui Pendekatan Rasional Emotif Dengan Teknik Relaksasi Pada Siswa Kelas XISMA 2 BAE Kudus. Cemas adalah suatu perasaan yang tak terkontrol dan khawatir terhadap sesuatu yang tidak realistis dari apa yang terjadi. Cara mengatasi kecemasan menghadapi ujian nasional melalui Pendekatan Rasional Emotif Therapy dengan Teknik Relaksasi, dengan pendekatan ini konselor berusaha menantang klien untuk mengembangkan filosofis kehidupan yang rasional, dan menolak kehidupan yang irasional. Selain itu juga dengan teknik relaksasi, Teknik ini membantu individu untuk dapat mengontrol diri dan memfokuskan perhatian sehingga klien dapat mengambil respon yang tepat saat dalam situasi yang menegangkan, serta berkurangnya cemas. Model pendekatan rasional emotif therapy dengan teknik relaksasi adalah suatu pendekatan konseling yang digunakan dalam konseling individual yang dapat digunakan untuk membantu mengentaskan permasalahan peserta didik tersebut yaitu cemas dalam menghadapi ujian nasional yang disebabkan karena kurang adanya persiapan belajar, sulit konsentrasi, dan nilai dibawah KKM. Penelitian ini dilatar belakangi oleh ditemukannya gejala kecemasan dalam menghadapi ujian nasional pada siswa kelas XI IPS 2 SMA 2Bae Kudus. Model konseling rasional emotif therapy dengan teknik relaksasi ini diyakini efektif untuk mengatasi kecemasan dalam pemilihan jurusan. Peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Ada 3(tiga) subjek penelitian yaitu BRP, NPA, SA yang terindikasi mengalami permasalahan kecemasan menghadapi ujian nasional. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan sebagaiberikut: 1. wawancara, 2. observasi, 3. dokumentasi. Dan 4. Kunjungan rumah. Hasil penelitian kasus konseli (1) BRP merasa sering pusing akan menghadapi ujian nasional, sering memperoleh nilai dibawah KKM, tidak teratur belajar, sukar memusatkan perhatian atau kosentrasi dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, sering berfikir pesimis tidak akan lulus ujian nasional. Kasus konseli (2) NPA merasa sulit memulai belajar, belajar kalau ada ulangan, sukar konsentrasi dalam mengingat pelajaran, gugup dan tangan dingin. Kasus konseli (3) SA sering merasa malas belajar, belajar kalau ada ulangan, sering menyalin PR teman, nilai dibawah KKM, sulit mengatur waktu belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan Rasional Emotif Therapy dengan teknik relaksasi, untuk mengatasi kecemasan yang dialami oleh siswa. Setelah dilakukan konseling selama 3 kali pertemuan melalui pendekatan Rasional Emotif Therapy dengan teknik relaksasi dapat mengatasi kecemasan menghadapi ujian nasional yang dialami konseli dan memperbaiki sistem pembelajaran siswa dengan maksimal. Berdasarkan kesimpulan diatas, peniliti dapat memberikan saran; 1. kepada kepala sekolah perlu mengadakan pertemuan secara periodic denganwali kelas dan konselor sekolah untuk membahas permasalahan siswa serta perlu menciptakan situasi sekolah yang dapat menimbulkan rasa nyaman bagi siswa. 2.Wali kelas memberikan perhatian terhadap siswa yang mengalami kecemasan menghadapi ujian nasional secara khusus, dan selalu memantau perkembangan siswa baik perkembangan akademik maupun perkembangan tingkah lakunya. 3.Kepada konselor sekolah harus selalu memperhatikan perkembangan peserta didik khususnya bagi peserta didik yang sedang memiliki masalah yang harus segera ditangani dan diberi perhatian khusus. 4.Kepada siswa diharapkan lebih terbuka terhadap wali kelas dan konselor sekolah apabila mengalami kesulitan khususnya kecemasan dalam menghadapi ujian nasional.5. Peneliti perlu mengadakan penelitian lebih lanjut dan lebih lengkap yang berkaitan dengan kecemasan dalam menghadapi ujian nasional sehingga berguna bagi peneliti dan siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Agung Slamet Kusmanto, M.Pd, Kons
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional, Pendekatan Rasional Emotif Therapy Dengan Teknik Relaksasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 10 Aug 2016 02:38
Last Modified: 10 Aug 2016 02:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5980

Actions (login required)

View Item View Item