Meningkatkan Kedisiplinan Berseragam Rapi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Reinforcement Positif Siswa Kelas Xi Tsm 2 Smk Al-Fallah Pati Tahun Pelajaran 2015/2016

Rukjananto, Nanda Perdana (2016) Meningkatkan Kedisiplinan Berseragam Rapi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Reinforcement Positif Siswa Kelas Xi Tsm 2 Smk Al-Fallah Pati Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (74kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (172kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (413kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (680kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (66kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (36kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (40kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan kedisiplinan berseragam rapi setelah memperoleh layanan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement positif pada siswa kelas XI TSM 2 SMK Al-fallah Pati Tahun Pelajaran 2015/2016. Kedisiplinan berseragam rapi adalah tingkah laku yang patuh dan taat pada tata tertib atau peraturan berseragam yang berlaku di sekolah yang dilakukan atas dasar kesadaran dirinya serta dilakukan secara terus menerus dengan penuh tanggung jawab. Untuk mewujudkan peningkatan kedisiplinan berseragam rapi peneliti berupaya meningkatkan kedisiplinan berseragam rapi melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement positif. Masalah penelitian ini adalah 1. Bagaimana Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Reinforcement Positif Dapat Meningkatkan Kedisiplinan Berseragam Rapi Pada Siswa Kelas XI TSM 2 SMK Al-fallah Pati Tahun Pelajaran 2015/2016? 2. Apakah Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Reinforcement Positif Dapat Meningkatkan Kedisiplinan Berseragam Rapi Pada Siswa Kelas XI TSM 2 SMK Al-fallah Pati Tahun Pelajaran 2015/2016? Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI TSM 2 SMK Al-fallah Pati, diketahui bahwa terdapat 10 dari 40 siswa yang relevan untuk menjadi subjek penelitian berkenaan dengan masih rendahnya kedisiplinan siswa berseragam rapi. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, pengamatan,dan refleksi. Variabel bebas adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement positif. Sedangkan variabel terikat adalah kedisiplinan siswa berseragam rapi.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif Berdasarkan hasil penelitian pra siklus memperoleh hasil skor 17 persentase 34% masuk kategori sangat rendah (SR). Pada siklus I memperoleh hasil skor 27 persentase 54% masuk kategori sedang (S) dan pada siklus II memperoleh hasil skor 38 persentase 76% masuk kategori tinggi (T) yang berarti ada peningkatan hasil skor 11 persentase 22% dari siklus 1. Hasil observasi kolabolator terhadap peneliti dalam memberikan layanan bimbingan kelompok siklus I skor 56 persentase 56% masuk kategori sedang (S) dan pada siklus II hasil skor 81 persentase 81%m masuk kategori tinggi (T) yang berarti ada peningkatan hasil skor 25 persentase 25% dari siklus I. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi” 1. Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Reinforcement Positif dapat Meningkatkan Kedisiplinan Berseragam Rapi pada Siswa Kelas XI TSM 2 SMK Al-fallah Pati Tahun Pelajaran 2015/2016. 2. Ada Peningkatan Kedisiplinan Berseragam Rapi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Reinforcement Positif Siswa Kelas XI TSM 2 SMK Al-fallah Pati Tahun Pelajaran 2015/2016. Dapat diterima karena memenuhi kriteria indikator keberhasilan, maka penelitian ini dinyatakan berhasil. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement positif disarankan kepada: 1. Kepala Sekolah sebagai koordinator seluruh kegiatan pelaksanaan pendidikan disarankan agar selalu memberi dukungan yang berupa kebijakan kepada guru bimbingan dan konseling dalam hal pemberian layanan bimbingan dan konseling mengenai kedisiplinan berseragam rapi melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement positif. 2. Kepada guru bimbingan dan konseling digunakan sebagai acuan untuk memberikan alternatife dalam mengarahkan siswa untuk meningkatkan kedisiplinan beseragam rapi melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement positif. 3. Kepada siswa, siswa dapat menyadari pentingnya kedisiplinan beseragam rapi untuk menunjukan identitas sekolah dan menjaga nama baik sekolah.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Drs. Masturi, MM
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Berseragam Rapi. Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Reinforcement Positif
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 10 Aug 2016 03:49
Last Modified: 10 Aug 2016 03:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5982

Actions (login required)

View Item View Item