Upaya Meningkatkan Kesadaran Siswa Dalam Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Simbolik Pada Siswa Kelas Xii Ips 2 Tahun Pelajaran 2015/2016

Andriyani, Chanina (2016) Upaya Meningkatkan Kesadaran Siswa Dalam Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Simbolik Pada Siswa Kelas Xii Ips 2 Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (402kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (217kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (290kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (392kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (262kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (195kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (123kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Dalam penelitian ini bertujuan untuk 1. Mendeskripsikan Tindakan-tindakan dalam meningkatkan kesadaran siswa dalam belajar sebelum diberi Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling Simbolik Kelas XII IPS 2 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun 2015/1016. 2. Di Perolehnya peningkatan kesadaran dalam belajar pada kelas XII IPS SMA 1 Mejobo Kudus. Kesadaran Siswa dalam Belajar adalah merasa atau mengingat keadaan dirinya yang sebenarnya atas rendahnya pemahaman dalam proses belajar yang masih belum mendapatkan hasil seperti yang diinginkan. Ketika siswa sudah memiliki kesadaran dalam belajar, siswa tersebut akan lebih bersungguh-sungguh dalam belajar untuk mendapatkan hasil yang baik. Untuk mewujudkan kesadaran siswa dalam belajar yang kurang, peneliti berupaya untuk meningkatkan kesadaran siswa dalam belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik. Bimbingan Kelompok adalah salah satu layanan bimbingan dan konseling yang memanfaatkan dinamika kelompok dalam pemecahan permasalahan yang dialami, dalam melakukan layanan bimbingan kelompok, peneliti menggunakan teknik modeling simbolik.Teknik modeling simbolik merupakan cara atau prosedur yang dilakukan dengan menggunakan media seperti video, filem, slide, atau dengan cara mendemonstrasikan prilaku yang dikehendaki. Hipotesis dalam penelitian ini adalah melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik dapat meningkatkan kesadaran siswa dalam belajar pada siswa kelas XII IPS 2 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling dengan menggunakan dua siklus, tahapan tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian yakni delapan siswa kelas XII IPS 2 SMA 1 Mejobo Kudus yang memiliki kesadaran dalam belajar yang kurang. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan jenis deskripsi kualitatif. Hasil penelitian dari pra siklus, siklus I ke siklus II.Hal ini terbukti bahwa pemahaman siswa terhadap kesadaran siswa dalam belajar yang mengalami peningkatan menunjukan pada pra siklus memperoleh hasil rata-rata skor (38%)masuk kategori kurang. Pada siklus I memperoleh hasil rata-rata skor (49%) masuk kategori cukup. Pada siklus II memperoleh hasil rata-rata skor (73,3%). Sehingga peningkatan aktifitas siswa dalam Layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik mengalami peningkatan dari siklus I ke silus II mengalami peningkatan sebesar (24,3%). Jadi peningkatan kesadaran siswa dalam belajar dari pra siklus sampai siklus II sebesar (35,3%). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mulai dari pra siklus memperoleh hasil rata-rata skor (38%) masuk kategori kurang. Pada siklus I memperoleh hasil rata-rata skor (49%) masuk kategori cukup. Pada siklus II memperoleh hasil rata-rata skor (73,3%) masuk kategori baik. Bahwa hipotesis yang menyatakan “Ada peningkatan pemahaman kesadaran siswa dalam belajarnya yang kurang melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik Modeling Simbolik pada siswa kelas XII IPS 2 SMA 1 Mejobo KudusTahun Pelajaran 2015/2016” diterima karena telah memenuhi indikator keberhasilan. Berdasarkan penelitian dilapangan peneliti dapat memberikan saran kepada: 1. Kepala Sekolah sebagai koordinator seluruh kegiatan pelaksanaan pendidikan disarankan agar selalu memberi dukungan yang berupa kebijakan kepada konselor dalam hal pemberian layanan bimbingan dan konseling terutama layanan bimbingan kelompok untuk dapat menangani masalah yang dialami siswa terutama yang terkait dengan kesadaran siswa dalam belajar.2.Kepada Guru Pembimbing perlu meningkatkan pelaksanaan program bimbingan dan konseling.Hendaknya pemberian layanan disesuaikan dengan permasalahan yang dialami siswa dan sebaiknya guru pembimbing menggunakan metode dan teknik yang lebih bervariasi pada saat melakukan pemberian layanan.3.Kepada Siswa untuk mau terbuka kepada guru pembimbing tentang masalah yang dialami. Adanya keterbukaan dari siswa akan membantu siswa menyelesaikan masalah yang sedang dialaminya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd, Kons
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Siswa Dalam Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Simbolik
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 10 Aug 2016 06:23
Last Modified: 10 Aug 2016 06:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5986

Actions (login required)

View Item View Item